100 Penenun Akan Meriahkan Festival Budaya Tua Buton

83
Menenun secara tradisional saat ini masih terus dilestarikan. Tampak sejumlah ibu-ibu menampilkan kebiasaan menenun dalam Festival Pesona Budaya Tua Buton.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Pelaksanaan Festival Budaya Tua Buton tidak lama lagi akan digelar. Saat ini Pemerintah Kabupaten Buton tengah mempersiapkan berbagai kegiatan untuk memeriahkan even tahunan tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian Buton Sadisu mengatakan, pemerintah daerah berencana menggelar festival tenun pada Festival Budaya Tua Buton tahun ini. Sekitar 100 penenun diundang untuk hadir saat puncak pelaksanaan kegiatan.

- Advertisement -

“100 penenun itu kita datangkan dari Kecamatan Wabula, Kapontori dan daerah lain di Buton,” ujar Sadisu, Senin 5 Agustus 2019.

Kata dia, penenun nantinya akan memperagakan cara menenun kain tradisional. Mereka akan menggunakan alat tenun tradisional yang selama ini dipakai untuk menenun di rumahnya.

Penenun di Buton, lanjut Sadisu, kebayakan masih memproduksi hasil tenunannya di rumah (home industri) dan hasil tenunan dipasarkan di wilayah Buton dan tetangga kampung.

Menurut Sadisu, Dinas Perindustrian akan mengusulkan agar setiap penenun membawa lima kain Buton dengan berbagai macam corak untuk dipamerkan.

“Satu kain tenun dibuat dalam waktu tujuh hari. Sehingga para penenun nantinya akan membawa kain tenun yang sudah jadi dari rumah. Untuk 100 penenun nantinya akan membawa 500 kain yang akan di tampilkan di pameran,” tambahnya.

Selain tenunan, kata dia, saat festival nanti akan ditambah anyaman nentu yang dibuat pengrajin kain. Nentu itu akan berbentuk talang, tudung saji, tempat tisu, hiasan dinding dan lainnya.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Dinas Pariwisata Mubar Akan Tuntaskan 15 Destinasi Wisata Dalam 5 Tahun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here