Setahun Permanen, Bawaslu Kabupaten/Kota Diminta Makin Profesional

182
Anggota Bawaslu Sultra Bahari. (Dok Pribadi)

Kendari, Inilahsultra.com – Keanggotaan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten atau Kota secara resmi berstatus permanen sejak keluarnya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

Pada 15 Agustus 2018 lalu, anggota badan pengawas pemilu ini dilantik serentak menjadi permanen dengan masa jabatan lima tahun.

- Advertisement -

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Bawaslu hanya semacam badan adhoc yang terbentuk pada saat kebutuhan pemilu atau pilkada.

Biasanya, jabatan mereka lebih kurang setahun, setelah itu dibubarkan.

Nah, pada hari ini, 15 Agustus 2019, Bawaslu kabupaten atau kota se-Indonesia berusia satu tahun. Tentunya, di usia yang baru dipermanenkan ini, banyak harapan agar lembaga ini makin berintegritas, punya kapasitas dan profesional dalam menjalankan kewenangannya.

Harapan ini disampaikan Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sultra Bahari.

Menurut Bahari, seluruh penyelenggara bawaslu senantiasa memiliki semangat mengawasi pemilu untuk demokrasi yang lebih baik.

“Kita memang tak sempurna, pasti ada kurangnya tapi yang terpenting Bawaslu dan jajarannya senantiasa bekerja amanah menjalankan mandat pengawasan,” katanya.

Ia menyebut, Bawaslu kabupaten atau kota saat ini harus lebih peofesional dan makin meningkatkan kinerjanya dalam pengawasan pesta demokrasi. Pemilu-pemilu sebelumnya, harus menjadi pengalaman dan suluh dalam menciptakan demokrasi berkeadilan.

“Yang baik kita pertahankan, yang kurang kita perbaiki. Perbanyak energi untuk mendengar masukan dan kritikan, sisakan energi untuk memberi sedikit apresiasi, agar hidup berasa imbang antara semangat, pengharapan, dan capaian. Jangan lelah mengabdi untuk demokrasi yang lebih baik,” tutur anggota Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Sultra ini.

Dalam menjaga muruah lembaga pengawas pemilu, Bawaslu akan kembali tertentang kinerjanya dalam mengawasi Pilkada 2020. Di Sultra sendiri, ada tujuh daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah.

Baca Juga :  Yudhianto Mahardika Mulai Sosialisasi dari Rumah ke Rumah

Yakni, Wakatobi, Buton Utara, Muna, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Konawe Utara dan Kolaka Timur.

“Anggota Bawaslu yang telah dilantik sudah mewakafkan dirinya secara total sebagai Pengawas Pemilu. Sehingga, amanah ini perlu dijalankan dengan baik,” harap Wakordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Sultra ini.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here