Festival Budaya Tua Buton Dibuka Besok

216
Para wisatawan asing terlihat menggunakan kain tenun Buton saat menyaksikan acara puncak Festival Pesona Budaya Tua Buton, Minggu 26 Agustus 2018.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Festival Pesona Budaya Tua Buton akan dibuka besok, Senin 19 Agustus 2019. Pembukaan akan ditandai dengan pelaksanaan pameran Buton Expo dan penampilan penyanyi Mitha Talahatu.

Mitha Talahatu merupakan penyanyi asal Ambon yang lagunya Cinta Sakota menjadi populer.

- Advertisement -

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Buton Laode Zainudin Napa mengatakan, pembukaan festival akan dimulai saat pembukaan pameran Buton Expo sekira pukul 15.30 Wita di Lapangan Kantor Bupati Buton. Malamnya akan dimeriahkan penampilan Mitha Talahatu.

“Pembukaan oleh Bupati dan Wabup Buton,” ujar Zainuddin.

                       

Pada hari yang sama, lanjut Zainuddin, akan dilaksanakan tradisi Posuo (Pingitan Anak Gadis). Tradisi ini akan dilaksanakan selama lima hari. Kemudian pada puncak acara festival tanggal 24 Agustus, para gadis akan keluar rumah dan diarak.

Kemudian, Selasa 20 Agustus akan dilaksanakan lomba bakiang sekira pukul 08.00 di Takawa. Dilanjutkan dengan kunjungan ke kampung tenun di Wabula.

Pada malam hari, tambah Zainuddin, akan dilaksanakan grand final calon duta wisata, Laoti dan Waoti. Pada malam ini akan dimeriahkan penampilan penyanyi Erna Bintang Pantura.

“Tanggal 21 Agustus akan mengunjungi penyulingan air aren di Desa Wanguwangu dan malamnya penampilan artis Zian Zigas,” urai Zainuddin.

Pada tanggal 22 Agustus pagi, kata mantan Kadis Komunikasi dan Informatika ini, akan digelar lomba dayung di Dermaga Dive Center dan lomba hadang/ace di Takawa. Malamnya akan dimeriahkan penampilan artis Waode Henny The Voice Indonesia.

Tanggal 23 Agustus, akan dilakukan kunjungan ke tambang aspal di Desa Wining Kabungka. Sedangkan malamnya akan dimeriahkan penampilan artis Titik Dangdut.

Baca Juga :  Gelar Ritual Picundupia, Warga Padati Pantai Wajo Buton

“Nanti pada tanggal 24 Agustus digelar acara puncak pelaksanaan Festival Budaya Tua Buton akan dilaksanakan di Takawa. Ada pagelaran tari kolosal 5000 penari, Pekande kandea 2019 talang, Pedole-dole 219 bayi, Posuo 200 gadis, pesona tenun Buton 200 penenun,” urainya.

Nanti pada malam hari, tambah Zainuddin, masyarakat akan dihibur dengan penampilan Vicky Salamor penyanyi Cinta Beda Agama di panggung Takawa sekaligus pengumuman pemenang lomba.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...