KPU Sultra Serahkan Berkas Usulan Pelantikkan DPRD Sultra ke Gubernur

71
KPU Sultra menyerahkan berkas calon anggota DPRD Sultra terpilih ke Gubernur Sultra untuk diproses pelantikannya. (Istimewa)

Kendari, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra menyerahkan keputusan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Sultra hasil Pemilu 2019 kepada Mendagri melalui Gubernur Sultra, Jumat 15 Agustus 2019.

Selanjutnya, Gubernur akan mengusulkan peresmian dan pelantikkan anggota dewan terpilih sebanyak 45 orang periode 2019-2024.

- Advertisement -

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Moethalib mengaku, berdasarkan ketentuan PP 12 Tahun 2018 menegaskan bahwa keanggotaan DPRD Provinsi diresmikan dengan Keputusan Mendagri bagi anggota DPRD Provinsi didasakan pada laporan KPU Provinsi dengan melampirkan beberapa berkas, diantaranya :

Pertama, daftar anggota DPRD Provinsi masa jabatan tahun 2014-2019, data terakhir, termasuk juga SK Pengangkatan anggota DPRD Tahun 2014 dan SK pengangkatan pengganti antarwaktu.

                       

Kedua, surat dari KPU Provinsi kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sulawesi Tenggara bagi anggota DPRD Provinsi.

Ketiga, keputusan KPU Provinsi tentang penetapan anggota DPRD provinsi terpilih masa jabatan 2019-2024.

Keempat, berita acara penetapan calon terpilih anggota DPRD masa jabatan tahun 2019-2024.

Kelima, foto copy DCT calon anggota DPRD Provinsi berikut perolehan suara masing-masing calon yang dilegalisir oleh Sekretaris KPU Provinsi.

Keenam, foto copy berkas pencalonan anggota DPRD provinsi masa jabatan tahun 2019-2024 yang dilegalisir oleh Sekretaris KPU Provinsi.

Ketujuh, surat keterangan dari KPU Provinsi mengenai tidak adanya gugatan yang menyangkut sengketa hasil Pemilu dan apabila terdapat adanya gugatan ke Mahkamah Konstitusi RI melampirkan putusannya.

Terakhir, berita acara peresmian pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Provinsi masa jabatan 2014-2019.

“Kelengkapan dokumen administrasi pengusulan peresmian anggota DPRD Provinsi harus melalui proses verifikasi, validasi dan dapat dipertanggungjawabkan oleh Gubernur dan KPU Provinsi untuk usulan DPRD Provinsi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata La Ode Abdul Natsir.

Baca Juga :  Ditolak Kader Golkar Sultra, Begini Jawaban Ali Mazi 

Berdasarkan akhir masa jabatan (AMJ), anggota dewan periode 2014-2019 berakhir pada 7 Oktober 2019.

Untuk itu, Sekretariat DPRD Sultra telah menyiapkan berbagai hal menjelang pegambilan sumpah para wakil rakyat itu.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...