Pemkot Kendari Kembali Raih WTP Ke Enam Secara Beruntun

18
Dirjen Perbendaharaan Sultra Alif Wibawa menyerakan penghargaan opini WTP kepada Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir di Kantor Bapenda Sultra. (Istimewa)

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari kembali meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke enam kalinya dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia dalam penyususunan dan penyajian laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2018.

Selain penghargaan WTP, Pemkot Kendari juga diganjar dengan piagam penghargaan dan plakat WTP karena berhasil meraih WTP enam kali berturut-turut dalam keberhasilan mengelolah keuangan daerah.

- Advertisement -

Pemberian opini atas kewajaran laporan Keuangan Pemkot Kendari dengan memperhatikan kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintah, efektivitas pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Penyerahannya diberikan langsung Direktorat Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Arif Wibawa kepada Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir, di Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bependa) Sultra, Selasa 8 Oktober 2019.

                       

Wali Kota Kendari H Sulkarnain Kadir mengatakan, apa yang dilakukan dan dikerjakan Pemkot Kendari selama ini, akan menjadi bekal di akhirat nanti.

“Kita tahu, amanah dan tanggung jawab yang dibebankan kepada kita, nantinya akan kita pertanggungjawabkan di
hadapan masyarakat dan kelak di akhirat nanti kepada Allah SWT,” ujarnya.

Apa yang telah diraih saat ini, kata Sulkarnain, akan menjadi motivasi kepada seluruh jajaran Pemkot Kendari dalam menjalankan tugas.

“Sekali lagi saya ingatkan, apresiasi ini kiranya bisa menjadi spirit dan semangat kita dalam bekerja untuk membangun kota ini dengan baik,” katanya.

Dengan penghargaan ini juga, kata orang nomor satu di Kota Kendari ini, mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk tidak melakukan kesalahan atau penyimpangan dalam mengelolah keuangan daerah.

“Kita pastikan bahwa apa yang kita kerjakan itu benar-benar telah sesuai dengan prosedur, kita tahu bersama bahwa saat ini pengawasan sudah semakin baik dan ketat. Kita tidak harus dituntut dan diawasi, tetapi muncul dengan kesadaran,” harapnya.

Baca Juga :  Hitung Mundur Buka Jalan Santai di Kendari, Jokowi Tak Sebut Nomor 2

Di tempat yang sama, Direktorat Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Arif Wibawa mengatakan, pemberian opini WTP Pemkot Kendari itu karena tata kelola keuangan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

“Dalam implementasinya itu sangat tergantung di lapangan, dan untuk implementasi sebenarnya ada pada perangkat-perangkat tersendiri yang nantinya akan bisa menelusuri detail pelaksanaan keuangan,” jelasnya.

Di Pemkot Kendari, kata dia, ada di Inspektorat dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan yang akan selalu memeriksa terkait dengan pengelolaan keuangan.

“Secara umum hal-hal yang perlu diperbaiki tata kelolanya itu sudah sesuai dengan standar, dan tinggal tata kelola materinya dalam sisi pelaksanaanya. Pastinya pertanggungjawaban itu sudah dilakukan secara lengkap dan memenuhi prinsip standar akuntansi pemerintah,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...