Pemkot Baubau Raih WTP ke 8

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse di dampingi Ketua DPRD dan Pj Sekda serta Kepala Inspektorat Baubau saat foto bersama dengan Kepala BPK RI Perwakilan Sultra usai menerima LHP di Kantor BPK RI Perwakilan Sultra, Rabu 17 Mei 2023. (Foto: Istimewa)
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra). Dengan ini, Kota Baubau telah meraih WTP 8 kali berturut turut.

Opini WTP tersebut berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Baubau tahun anggaran 2022 yang diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI perwakilan Sultra, Dadek Nandemar di kantor BPK RI Perwakilan Sultra, Rabu 17 Mei 2023.

-Advertisement-

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse menuturkan, WTP yang ke-8 kalinya ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh OPD lingkup Pemkot Baubau dan semua stakeholder yang selalu bersinergi dalam pengelolaan keuangan negara.

Kendati demikian, orang nomor satu di Kota Baubau ini berpesan kepada seluruh aparaturnya untuk tidak berpuas diri, karena ada beberapa hal yang menjadi catatan BPK RI untuk segera ditindaklanjuti.

Kata dia, meski laporan keuangan mendapat catatan BPK, namun hal itu tidak berdampak pada status opini yang diterima Pemkot Baubau.

“Kebetulan temuan-temuan (BPK) itu tidak berdampak pada status. Tapi memang ada beberapa temuan perlu secara serius kita tanggapi dan tindaklanjuti,” katanya, Senin 22 Mei 2023.

Sebelumnya, Kepala BPK RI Perwakilan Sultra Dadek Nandemar mengucapkan terima kasih kepada Pemda yang berhasil mempertahankan Opini WTP. Pemda diharapkan dapat lebih meningkatkan fungsi pengawasan di daerah masing-masing.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemda yang terus mempertahankan Opini WTP, kami harapkan Pemda dapat meningkatkan fungsi pengawasan dan percepatan tindak lanjut,” ujarnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments