Bawaslu Muna Ingatkan Bupati soal Mutasi Pejabat

1390
bram

Kendari, Inilahsultra.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muna mengingatkan bupati LM Rusman Emba untuk tidak melakukan mutasi pejabat dalam waktu 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon.

Rusman Emba akan kembali maju di Pilkada Muna 2020 nanti.

- Advertisement -

Ketua Bawaslu Muna, Al Abzal Naim menyebut, larangan tidak boleh melakukan penggantian pejabat itu diatur dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

“Kami ingatkan agar bupati untuk tidak melakukan mutasi enam bulan sebelum penetapan paslon. Karena itu pelanggaran,” kata Al Abzal Naim, Senin 7 Oktober 2019.

Pada Pasal 71 UU No 10/2016 disebutkan bahwa gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, dan wali kota/wakil wali kota dilarang melakukan penggantian pejabat 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan. Boleh melakukan mutasi kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

Selain itu, beber Al Abzal, pejabat juga dilarang menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon baik di daerah sendiri maupun di daerah lain dalam waktu 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan penetapan pasangan calon terpilih.

“Kita akan segera kirimkan surat imbauan kepada pemda terkait hal ini,” tambahnya.

Pria yang akrab disapa Bram ini menyebut, bila gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, dan wali kota/wakil wali kota selaku petahana melanggar ketentuan tersebut, maka akan dikenai sanksi pembatalan sebagai calon oleh KPU provinsi atau KPU kabupaten/kota.

“Sanksinya itu keras. Bisa didiskualifikasi sebagai calon,” terangnya.

Bram melanjutkan, mengenai potensi pelanggaran ini, Bawaslu RI telah meminta kepada Bawaslu kabupaten atau kota hingga provinsi untuk menyurati kepala daerah agar tidak melakukan pelanggaran dimaksud.

“Tujuannya baik sebagai pencegahan sejak awal. Kita ingatkan memang dari sekarang,” pungkasnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...