Perkenalkan Budaya, Pemkab Busel Akan Gelar Buton Selatan Festival

119
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Busel Laode Harwanto (kedua dari kiri) bersama Kadis Pariwisata Buton Zainuddin Napa sata rapat pembahasan Buton Selatan Festival, Selasa 8 Oktober 2019.

Batauga, Inilahsultra.com – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Buton Selatan (Busel) menggelar Buton Selatan Festival pada bulan November mendatang. Even ini untuk memperkenalkan Kabupaten Busel dibidang budaya dan pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Busel Laode Harwanto mengatakan, pelaksanaan Buton Selatan Festival akan mengusung potensi budaya dan pariwisata yang ada di Busel.

- Advertisement -

“Kita akan mengusung potensi daerah dengan menggelar Karnaval Nelayan, Pekandekandea, Tari Kolosal, pemilhan duta wisata dan kegiatan budaya lainnya,” ujar dia, Selasa 8 Oktober 2019.

Untuk karnaval nelayan, lanjut dia, minimal satu kecamatna 1 boti/perahu hias. Hal ini untuk memperkenalkan budaya para leluhur kepada generasi minenial. Bahwa dahulu nelayan Busel punya perahu tradisional yang kokoh di lautan.

                       

“Kami mencoba mendesain kembali. Ada sembilan even yang kami rancang. Ada parade budaya, karnaval nelayan, pertunjukan adat istiadat, pemilihan duta wisata, fashion show tenun, tari kreasi, gerak jalan santai dan permainan budaya,” ujarnya.

Kata dia, untuk tahap permulaan, tari kolosal akan melibatkan sekira 1000 penari. Mereka berasal dari tujuh kecamatan yang memiliki budaya dan adat istiadat secara turun temurun. Even ini akan digelar selama tiga hari.

Muncul karnaval nelayan, lanjut dia, karena masyarakat Busel mayoritas beraktifitas dilaut. Sehingga menampilkan perahu tradisional yang langka dan budaya turun temurun.

“Tujuan utamanya sesungguhnya ingin mengangkat budaya daerah,” paparnya.

Begitu juga dengan kuliner Busel. Makanan khas daerah yang masih eksis hingga saat ini akan ditampilkan. Sehingga setiap desa akan menampilkan makanan khas satu talang.

“Saat ini persiapan Buton Selatan Festival ini sudah 50 persen,” tuturnya.

Baca Juga :  Kendari Diguncang Gempa 3,6 Skala Richter

Festival ini, kata dia, pemerintah pusat dan pemerintah provinsi akan diundang.

“Direncanakan sekitar minggu kedua bulan depan digelar dan dipusatkan di
Lapangan Lakarada Busel selama tiga hari dan akan digelar malam hiburan rakyat dengan mengundang artis,” tandasnya.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...