Pembangunan Infrastruktur di Mubar Sudah Dirasakan Manfaatnya

367
Produksi petani sawah di Mubar sudah mulai melimpah berkat pembangunan infrastruktur ala Rajiun Tumada. (Muh Nur Alim)

Laworo, Inilahsultra.com– Pemerintah daerah Muna Barat Mubar (Mubar), melaui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menyelesaikan visi-misi Bupati Mubar LM Rajiun Tumada.

Beberapa pembangunan fisik yang sudah dikerjakan dan sudah dirasakan oleh masyarakat adalah pembangunan irigasi, jembatan, infrastruktur jalan baik di ring road maupun jalan pengerasan serta di berbagai bidang lainnya yang menjadikan sebagai penunjang ekonomi masyarakat.

- Advertisement -

Salah satu yang dirasakan masyarakat adalah pembangunan irigasi di desa Lawada, Kecamatan Sawerigadi. Sebelumnya, irigasi yang merupakan pengairan untuk kebutuhan para petani sawah itu sangat kurang dari perhatian pemerintah.

Jemi, petani sawah, Desa Lawada mengaku, pembangunan irigasi sebelumya banyak yang rusak dan jebol sehingga petani untuk mendapatkan hasil sawah tidak sesuai dengan tenaga dan biang keringat.

“Alhamdulillah sudah bagus mi pengairanya. Sudah diperbaiki sama pemerintah setempat. Kalau dulu ada yang rusak memang dan jebol tapi sudah ditutup. Bagus mi sekarang,” kata Jemi kepada jurnalis Inilahsultra.com saat memantau langsung di pembangunan irigasi Lawada, Jumat 6 Desember 2019.

Jemi mengaku, luas persawahan kurang lebih 500 hektare yang masuk dalam irigasi kabupaten itu tahun 2019 ini ada peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Bukan hanya beras putih, tetapi petani setempat juga membudidayakan beras merah dan dalam satu tahun mereka melakukan tiga kali panen.

Pasokan harga pun untuk penjualan hasil panen para petani bukan hanya lingkup Mubar saja, tetapi kata dia, sudah sampai, Muna, Kendari, Baubau bahkan di Makassar Sulawesi Selatan.

Menurutnya, hal ini tidak lari dari peran pemerintah setempat untuk terus mensuport para petani.

“Pemerintah juga melakukan kerja sama dengan kita untuk mendapatkan beras merah,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas, melalui Kabid SDA PUPR Mubar, Surachman mengatakan, terkait pembangunan irigasi itu merupakan salah satu perhatian utama Pemda Mubar.

Menurutnya, sektor ini banyak menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan ekonomi dalam masyarakat. Apa lagi, kata dia, sektor pertanian merupakan bagian dari pada visi bupati Mubar, LM Rajiun Tumada sebagai salah satu penunjang ekonomi masyarakat Mubar.

“Hasilnya sudah bisa dirasakan oleh petani, sehingga mereka tidak akan kesulitan lagi saat pengairan dan proudktifatas panen pun diklaim mengalami peningkatan,” jelas Surachman.

Koordinator Media Center PU juga ini menuturkan, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan para petani setempat. Apa lagi melihat beras merah ini sangat menjanjikan untuk perputaran roda ekonomi.

Selaku pemerintah, penggiat infrastruktur dan selaku penggiat distributor beras merah juga ini tidak sedikit banyaknya memesan di para petani tersebut. Selain dibawa para pelanggannya, pasokan berasnya pun sampai di Makassar.

“Kita selaku pemerintah juga melihat beras merah ini cukup menjanjikan, kita juga melakukan kerja sama dengan petani untuk bisa mengakomodir semua hasil panennya. Sehingga ini menjadikan produktivitas semakin meningkat juga,” terangnya.

Penulis : Muh Nur Alim

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...