Beberapa ATM BNI di Kendari Diduga Jadi Lokasi Pemasangan Skimming

6442
 

Kendari, Inilahsultra.com – Sebanyak 115 nasabah Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Kendari menjadi korban skimming atau pencurian uang.

Dari sejumlah saksi yang diwawancarai, kebanyakan korban mengalami skimming usai melakukan transaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) milik BNI.

- Advertisement -

Salah satu korban, Andi Puhu menyebut, usai melakukan transaksi di ATM BNI Kampus Universitas Halu Oleo, uang sebanyak Rp 19 juta raib misterius pada 17 Januari 2020 sekira pukul 23.00 WITa.

Sementara Suci Maulidya Estiningrum (26) menyebut, ia mengalami skimming usai melakukan transaksi pada 16 Januari 2020 sebesar Rp 1 juta di ATM BNI di depan Hotel Putri Wisata Kendari Jalan MT Haryono.

Padahal ia adalah nasabah BCA yang kebetulan menarik di ATM bersama milik BNI.

Uangnya sebesar Rp 10 juta ditarik secara misterius sebanyak empat kali dengan masing-masing penarikan Rp 2,5 juta pada 17 Januari 2020.

“Padahal, saya tidak kemana-mana hari itu. Saya tahu setelah melakukan transaksi di ATM BCA Lepolepo uang saya sudah berkurang,” bebernya.

Korban lainnya menyebut, mengalami skimming usai bertransaksi di ATM Marina, ATM IAIN, ATM RS Abunawas, ATM depan Hotel Imperial dan ATM MGM.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, pemasangan skimming diduga dilakukan sebelum 17 Januari 2020. Sebab, berdasarkan laporan SMS banking di handphone korban, transaksi ilegal dilakukan di waktu itu antara bakda isa hingga tengah malam.

Sementara Bidang Pelayanan BNI Cabang Kendari Ikram menyebut, pihaknya mendeteksi penarikan uang nasabahnya melalui skimming berada di Semarang Jawa Tengah dan luar negeri Filipina.

“Tapi tidak menggunakan ATM BNI. Mereka menggunakan ATM bank lain,” imbuhnya.

Ia juga tidak menampik bahwa kebanyakan korban mengalami skimming usai bertransaksi di ATM depan Hotel Putri Wisata.

Sementara Kepala Kantor BNI Cabang Kendari Muzakkir menyebut, seluruh ATM dimaksud dinyatakan sudah aman dari skimming.

“Aman, nga ada masalah, silahkan bertransaksi,” tuturnya melalui pesan Whatsappnya, Kamis 23 Januari 2020.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...