Bupati Konawe Sebut Ada Ribuan TKA China di Morosi Harus Dicek Kesehatannya

6244
 

Kendari, Inilahsultra.com – Bupati Konawe Kery Syaiful Konggoasa menyebut ada sekitar ribuan tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di industri PT VDNI dan PT OSS di Morosi.

Untuk itu, kata Kery, seluruh pekerja ini harus dites kesehatannya.

- Advertisement -

“Di Morosi bukan hanya ratusan TKA asal China namun informasinya sudah ribuan. Ini yang kita mau data. Ungkapnya Senin (16/3/2020).

Ia mengaku, Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe, telah melakukan langkah-langkah dalam menangkal wabah virus corona yang saat ini memicu kekhawatiran.

Pemda Konawe telah membentuk tim khusus untuk melakukan pemeriksaan terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di dua perusahaan besar di Morosi.

Kery menjelaskan, tim khusus yang dibentuk berdasar hasil keputusan bersama setelah menggelar rapat koordinasi dengan beberapa pihak terkait agenda pemeriksaan tersebut.

“Jadi jangan menunggu laporan dari perusahaan, kita yang harus turun dan memastikan tidak ada TKA atau TKL dan masyarakat sekitar yang terpapar,” tambahnya

Selain itu, Kery juga menegaskan kepada bawahannya untuk tidak melakukan perjalanan ke luar daerah.

Sebelumnya Pemda Konawe bersama DPRD telah melakukan langkah antisipatif dengan menetapkan Perda Nomor 13 tahun 2019 tentang Kewajiban TKA melakukan pemeriksaan kesehatan dan terbebas dari penyakit menular.

Penulis : Jusbar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...