Alasan Dinkes Sultra Rahasiakan Riwayat Pasien, Agar Masyarakat Tidak Panik

3836
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) tidak memberikan informasi terkait riwayat perjalanan dan kontak tiga pasien positif corona yang saat ini tengah dirawat di Ruang Isolasi Rumah Sakit Bahteramas.

Kepala Dinas Kesehatan Sultra, Andi Hasnah menjelaskan, saat ini Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas penanganan virus corona di Sultra sudah menelusuri semua riwayat kontak tiga pasien yang positif terpapar virus corona.

- Advertisement -

“Mohon maaf kami tidak bisa memberikan data-datanya, yang jelas kami sudah jalan. Kalau kita tidak jalan berarti tidak memenuhi standar dan protap-protap dari pemerintah pusat. Ini harus kita patuhi semua,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sultra, Andi Hasnah saat ditemui di posko gugus penanganan virus corona, Jumat 20 Maret 2020.

Saat ini, lanjut dia, orang-orang terdekat, yang positif corona ini sudah masuk dalam orang dalam pemantauan (ODP).

“Makanya kita awasi orang-orang terdekatnya. Semua itu sudah dalam data kami, tapi kami tidak akan sebutkan untuk menjaga keresahan dan kepanikan masyarakat. Tapi kalau ada keluhan baru kita melakukan tindakan dengan dimasukan dalam ruangan isolasi dan dilakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Kemudian ditanya wilayah-wilayah mama saja yang masuk pemantauan Dinas Kesehatan dan gugus tuga, kata dia, untuk wilayah kontak pasien ini sudah mulai telusuri. Mulai dari pesawat terbang dengan siapa pada saat menjalankan ibadah umrah.

“Mula dari dengan siapa pada saat umrah, tempat tinggalnya, aktivitasnya sehari-hari. Semuanya sudah ada sama kami dan masuk dalam pemantauan,” jelasnya.

Adapun teknik-teknik dan cara-cara yang akan dilakukan, Andi Hasnah meminta kepada publik untuk memberikan kepercayaan, karena yang dilakukan ini suatu upaya agar penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona tidak lebih banyak korban.

Pasalnya, lanjut dia, untuk penanganan sudah ada petunjuknya yang diberikan oleh WHO, Kementerian Kesehatan maupun Dinkes Sultra.

“Kami mohon bantuan dan dukungannya kepada teman-teman media supaya masyarakat tidak resah dan panik denan virus corona ini,” ucapnya.

Ia berharap, penyebaran virus corona ini dapat diatasi dan masyarakat selalu waspada agar menjaga diri dan waspada.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Komentar
loading...