DPRD Butur Pantau Kesiapan Puskesmas Wakorumba Utara Tangani Wabah Corona

385
 

Buranga, Inilahsultra.com – DPRD Kabupaten Buton Utara (Butur) memantau kesiapan Puskesmas menghadapi wabah virus Corona, Sabtu 28 Maret 2020. Salah satu yang di kunjungi adalah Puskesmas Wakorumba Utara.

Ketua DPRD Butur Diwan mengatakan, sudah ada beberapa catatan yang disampaikan pihak Puskesmas. Salah satunya adalah Alat Pelindung Diri (APD).

- Advertisement -

“APD belum ada. Ini yang menjadi catatan kita dan akan kita sampaikan ke pemerintah daerah supaya secepatnya didistribusikan APD yang baru tiba,” kata Diwan di Puskesmas Wakorunba Utara.

Menurut dia, penanganan wabah Corona sudah dilakukan Puskesmas. Meskipun masih dengan perlengkapan seadanya.

“Penyemprotan disinfektan sudah dilakukan. Meskipun seadanya, tapi upaya Puskesmas untuk mencegah wabah Corona kita apresiasi,” tuturnya.

Intinya, lanjut dia, Puskesmas akan berupaya menangani wabah Corona sebaik mungkin. Bila ada Orang Dalam Pemantauan (ODP) akan diimbau untuk melakukan karantina diri.

“Penjelasan dokter tadi, kalau ada PDP (Pasien Dalam Pengawasan) itu akan langsung di rujuk, tidak ditangani di Puskesmas karena Puskesmas belum punya ruang isolasi,” terangnya.

Salah satu dokter Puskesmas Wakorumba Utara, dr Findriani Eka Saputri menjelaskan, sampai saat ini belum ada orang yang berstatus PDP.

“Kalau ada kita langsung rujuk, kita tidak tangani di Puskesmas. Begitu SOP-nya (Standar Operasional Prosedur),” terangnya.

Dia menambahkan, hal yang dibutuhkan di Puskesmas yakni APD. Antara lain baju pelindung, masker, dan alat pelindung mata.

Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...