Wartawan di Kendari Deg-degan saat Jalani Pemeriksaan Rapid Test, 50 Negatif

981
 

Kendari, Inilahsultra.com – Puluhan wartawan di Kendari deg-degan saat menjalani pemeriksaan Rapid Test di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa 7 April 2020.

Sejak pagi, wartawan dari berbagai media di Kendari, baik itu media cetak, online, radio dan televisi antusias menunggu giliran pemeriksa rapid test. Pemeriksaan itu dilakukan sebagai upaya deteksi dini untuk mencegah penyebaran corona virus (Covid-19).

- Advertisement -

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra, Kartika membeberkan, pemeriksa Rapid Test kepada wartawan karena mobilisasinya sangat tinggi. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan dini.

“Alasannya, karena Sultra merupakan salah satu daerah yang sudah termasuk daerah transisi lokal artinya bahwa bukan saja kasus impor saja. Setelah dilakukan deteksi dan pemeriksaan kontak dari pada kasus yang positif ternyata sudah ada transmisi lokal, kontak erat seperti keluarga, petugas dan daerah lain yang masuk yang positif di Sultra,” jelas Kartika.

Sehubungan dengan itu, Gugus Kesehatan mempekuat kesehatan dini, menemukan, melakukan, pengobatan dan melaksanakan tata kelola kasus yang baik sesuai dengan SOP. Jika ada yang menunjukan gejala Covid-19 maka sesuai SOP akan diantar di Rumah Sakit rujukan yakni RS Bahteramas.

“Kami bekerja sama Diskominfo awak media untuk mengskrining, sehingga nanti dalam memberikan pemberitaan kita sehat dan menjaga masyarakat Sultra untuk terhindar dari penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Kata Kardina, deteksi dini sangat penting, sehingga pencegahan dan penularan Covid-19 di Sultra tidak berdampak besar.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Sultra Syaifullah mengaku, pihaknya meminta agar wartwan dilakukan pemeriksaan sejak dini.

“Kami tak ingin wartawan di Sultra khususnya Kota Kendari yang terjangkit virus ini. Kami tak ingin itu, semoga hasilnya semua negatif,” tegasnya.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...