Hugua Sebut Instruksi Wali Kota Kendari Hanya untuk PNS

501
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari telah mengeluarkan instruksi tentang melakukan total aktivitas di dalam rumah selama tiga hari.

Instruksi itu akan dimulai hari ini, 10-12 April 2020, dalam rangka memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kota Kendari.

- Advertisement -

Menurut Anggota Komisi II DPR RI, Ir. Hugua, instruksi Wali Kota Kendari hanya bersifat imbauan tidak mengikat kepada khalayak. Instruksi Wali kota hanya mengikat kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Kota Kendari. Kalau ASN mau mematuhinya, karena tidak berkaitan dengan tata kerja kedinasan di lingkungan kerja Pemda Kota Kendari.

“Keputusan yang mengikat kegiatan publik mestinya berbentuk Perda, karena itu atas kesepakatan bersama DPRD mewakili rakyat Kota Kendari,” jelas Hugua, Kamis 9 April 2020 kemarin.

Untuk itu, Hugua menyarankan kepada Wali kota untuk segera minta restu kepada Menteri Kesehatan perihal penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan selanjutnya diikuti dengan keputusan Wali kota untuk melarang aktivitas publik demi memutus mata rantai virus Corona.

“Hari ini (Kamis) aktivitas masyarakat baik di jalan maupun di pasar memuncak. Ada gejala panic buying di Kota Kendari untuk memenuhi kebutuhan 3 hari ini,” sambungnya.

Hugua yang juga yang ketua GIPI Sultra melanjutkan, kalau instruksi ini hanya sebagai uji coba untuk mendapatkan perhatian masyarakat sebelum pembatasan sosial berkala besar diberlakukan boleh-boleh saja.

“Selain itu, saya mengingatkann aparat keamanan untuk tidak bertindak represif kepada masyarakat khususnya kepada pengusaha hotel dan restoran yang memberikan pelayanan kepada tamu, demikian juga kepada rumah makan yang secara delivery melayani tamu-tamu dari luar yang ada di Kota Kendari,” tegasnya.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...