Meski Wabah Corona, DPRD Kota Kendari Akan Gelar Reses Minggu Depan

367
 

Kendari, Inilahsultra.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari akan kembali menggelar reses untuk menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan, penentuan dan penyusunan agenda reses kedua sudah dibahas serta disepakati melalui rapat paripurna.

- Advertisement -

“Kita sudah rapatkan dan diagendakan dimulai Minggu depan 21 April 2020, sekaligus kita memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kota Kendari,” kata Subhan di kantornya, Selasa 14 April 2020.

Meski di tengah Covid-19 melanda Kota Kendari, kata Subhan, anggota DPRD tetap turun langsung, karena masyarakat akan menyampaikan lewat cerita keluhannya.

“Reses kali ini masyarakat tidak akan dikumpul satu kali, tapi dilakukan dari rumah ke rumah untuk melihat dan menanyakan masukan-masukan aspirasinya dengan kondisi lingkungannya,” jelasnya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan, aspirasi masyarakat terkait kondisi lingkungan akan mendaptkan perhatian, penanganan dan penganggaran dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari yang menjadi masukan dari DPRD sebagai keterwakilan masyarakat.

“Masyarakat menyampaikan melalui reses. DPRD mengusulkan dan disampaikan melalui musrembang yang menjadi penganggaran dalam APBD Kota Kendari,” jelasnya.

Selain menyerap aspirasi masyarakat, kata Subhan, dalam kegiatan reses sekaligus anggota dewan turun langsung di kelurahan memberikan bantuan kepada masyarakat

“Kita akan turun langsung dari rumah ke rumah pembagian sembako bersama pemerintah kota, dan masing-masing memegang data penerima bantuan dengan kriteria-kriteria yang sudah disepakati bersama,” jelasnya.

Selain penerima bantuan, kata Subhan, yang perlu diperhatikan juga adalah karyawan yang diputus hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan adanya dampak Covid-19.

“Karyawan dampaknya sudah tidak bekerja lagi saat ini, dan UMKM dampaknya mulai dari penurunan omset dan macetnya usaha yang dijalankan. Jadi ini juga harus menjadi perhatian serius kita, dan apa yang menjadi harapan mereka pascawabah Covid-19 ini,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya reses DPRD bulan ini bisa mengobati apa yang menjadi harapan masyarakat pascaCovid-19 ini.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...