Pemkab Wakatobi Pastikan Distribusi Listrik Gratis Terealisasi

313
 

Wakatobi, Inilahsultra.com – Tarif subsidi gratis listrik di Kabupaten Wakatobi dapat terealisasi secara keseluruhan. Hal ini untuk menindaklanjuti Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemic Covid-19.cara keseluruhaan.

Menindaklanjuti kebijakan tersebut, Bupati Wakatobi Arhawi melakukan koordinasi dengan PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Wangiwangi di Kabupaten Wakatobi.

- Advertisement -

“Alhamdulillah, kebijakan itu di Wakatobi ternyata sudah dimulai sejak April sampai dengan Mei dan Juni,” kata Arhawi, Rabu 15 April 2020.

Arhawi menjelaskan, pemerintah memberikan keringanan pembayaran listrik untuk mengurangi beban masyarakat di tengah pandemic Covid-19.

Adapun pelanggan yang diberikan subsudi kepada konsumen 450 Volt Amper (VA) berupa pembebasan tarif listrik dan 900 VA bersubsidi berupa diskon 50 persen.

Sementara itu, Manager PLN ULP Wangiwangi Talib mengatakan, secara serentak baik meteran pasca bayar maupun meteran dengan menggunakan token atau pulsa telah di data sejak 2 April 2020 lalu.

“Untuk teknis pelaksanaannya, meteran pascabayar atau meteran biasa langsung diperhitungkan saat melakukan pembayaran. Jadi, 450 KWH tidak perlu bayar rekening lagi, dan untuk 900 KWh, saat membayar langsung dikenakan potongan 50 persen,” kata Talib.

Begitu juga dengan pelanggan yang menggunakan voucer, Talib menyampaikan agar ID tokennya didaftarkan melalui website layanan subsidi PLN www.pln.go.id.

Arhawi mengusulkan, kepada PLN agar kebijakan nasional tersebut disampaikan melalui pemerintah desa (Pemdes). Sehingga pemerintah desa yang mensosialisasikan kepada masyarakat. Pasalnya, belum tentu semua masyarakat dapat mengakses website.

“Apapun kondisinya nanti kedepan, masyarakat diharapkan mematuhi imbauan pemerintah, karena Pemerintah Wakatobi akan berupaya mencegah penanganan penyebaran wabah Covid-19, yang akan disinergikan dengan upaya pemerintah Pusat,” tutup Arhawi.

Reporter: La Ode Samsuddin

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...