Bantu Penanganan Covid-19, BLK Kendari Akan Buka Lima Kejuruaan

610
 

Kendari, Inilahsultra.com – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari berencana akan membuka lima kejuruan pelatihan berbasis kompetensi dalam rangka membantu penanganan Virus Corona Disease 2019 (Covid-19).

Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu, Minggu (26/4) mengatakan, lima kejuruan yang rencananya akan dibuka yaitu kejuruan garmen apparel (kejuruan menjahit),  kejuruan las, kejuruan listrik, otomotif dan kejuruan prossesing hasil pertanian.

- Advertisement -

“Pada dasarnya, untuk pelatihan berbasis kompetensi seharusnya kita tunda, namun dalam rangka memutus penyebaran Covid-19, kita  buka lagi lima kejuruan ini,” terangnya.

Dalam proses pembukaan kejuruan tersebut, lanjut dia, pihaknya akan sungguh-sungguh memperhatikan protokol kesehatan yang telah dikeluarkan dan ditetapkan pemerintah.

Tujuannya, agar pada proses pelatihan tersebut setiap siswa yang ikut pelatihan tetap terjaga kesehatannya dan tidak menjadi penderita atau yang menularkan.

“Target dari lima kejuruan yang akan kita buka itu diantaranya untuk menjahit alat pelindung diri (APD) masker, APD tenaga medis, wastafel untuk ditempatkan di tempat-tempat umum, serta memasak,” paparnya.

Orang nomor satu di BLK Kendari ini juga menambahkan, semua hasil dari proses pelatihan yang dilaksanakan BLK Kendari akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat, termasuk makanan yang dimasak siswa pelatihan dan instruktur.

“Kami juga telah melaporkan kepada Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas untuk ikut membagikan hasilnya nanti dan beliau bersedia,” sebutnya.

Sementara itu, untuk saat ini pihaknya sedang menyusun segala perencanaan dan melaporkan kepada Menteri Ketenagakerjaan RI dan Bapak Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Ketenagakerjaan RI, karena apa yang dilakukan BLK Kendari adalah sebagai amanah.

“Insya-Allah BLK Kendari bersama seluruh jajaran BLK UPTD Kabupaten di Sultra akan selalu berbuat untuk kebaikan bersama seluruh masyarakat  walaupun nilainya kecil dalam rangka kebersamaan dan sinergi program dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...