KPID Sultra Minta Lembaga Penyiaran Aktif Siarkan Informasi Cerdas di Tengah Covid-19

621
 

Kendari, Inilahsultra.com – Menjelang penerapan New Normal atau normal baru pada lima Kabupaten di Sultra, yakni Buton Utara, Buton Selatan, Buton, Konawe Utara, dan Konawe Kepulauan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Untuk itu, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sultra mengajak seluruh lembaga penyiaran dapat secara masif membantu untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi bagi para pemirsa agar lebih optimis, produktif serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

- Advertisement -

“Kami sangat mengapresiasi seluruh lembaga penyiaran yang selama ini telah banyak menyiarkan berbagai macam pilihan siaran kepada masyarakat Sultra di tengah pandemi Covid-19. Baik yang menghibur, mencerdaskan, menginspirasi sehingga masyarakat dapat memperoleh sajian informasi yang bisa memenuhi kebutuhannya,” kata Wakil Ketua KPID Sultra Molesara, Selasa 2 Juni 2020.

Molesara menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang Penyiaran No. 32 Tahun 2002 telah mengamanatkan bahwa penyiaran merupakan perwujudan Hak Asasi Masyarakat Indonesia dalam memperoleh Informasi yang berimbang, selaras dan bertanggung jawab berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Maka, kata dia, di tengah pandemi ini masyarakat hanya di rumah saja, sehingga tingkat konsumsi siaran baik TV maupun radio tentunya sangat meningkat. Oleh karena itu, lanjut Molesara, lembaga penyiaran diharapkan tetap memperhatikan Amanat Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

“Kami juga imbau lembaga penyiaran untuk terus memperhatikan penggolongan jam tayang agar anak-anak sekolah bisa nyaman belajar. Dan masyarakat juga diharapkan untuk lebih cerdas, selektif dan kritis dalam memilih program siaran yang berkualitas,” tutupnya.

Untuk diketahui, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo dalam keterangan Pers di Graha BNPB, Sabtu 30 5 Mei 2020, menjelaskan, tercatat 102 kabupaten/kota yang berstatus sebagai zona hijau atau belum terdampak Covid-19 yang mendapat restu dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk melaksanakan kegiatan masyarakat yang priduktif (new normal).

Dari 102 daerah, lima daerah zona hijau tersebut di Sultra yaitu Buton Utara, Buton Selatan, Buton, Konawe Utara, dan Konawe Kepulauan.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...