Pilkades Serentak di Wakatobi Ditunda Tahun 2021

220
 

Wakatobi, Inilahsultra.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Wakatobi ditunda hingga tahun 2021 mendatang. Penundaan ini buntut dari penundaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) hingga Desember 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3APMD) Wakatobi La Ode Husnan mengatakan, penundaan Pilkades dilakukan karena adanya pandemi Covid-19 dan bertepatan dengan perhelatan Pilkada.

- Advertisement -

Akibat penundaan Pilkades tersebut, maka 44 desa yang akan mengikuti Pilkades serentak, akhirnya harus dijabat PNS sebagai pelaksana tugas (Plt).

“Terjadi penundaan di 2020 ke 2021, secara otomatis 44 desa yang akan melaksanakan Pilkades dijabat oleh Pelaksana tugas, apakah kemudian Pelaksana disegarkan lagi atau diganti lagi dengan Pejabat yang baru,” ungkapnya.

Menurut dia, pelaksanaan Pilkades awalnya direncanakan sekira bulan Oktober 2020 dan akan diikuti oleh 44 desa yang tersebar di Wakatobi.

Dengan asumsi ada sisa waktu dua bulan yang dimanfaatkan untuk proses administrasi kemudian masa pelantikan agar tidak menyeberang pada tahun 2021.

“Ada surat dari provinsi untuk tidak dilaksanakan dulu, sehingga inilah yang akan kami konsultasikan di Kementerian Dalam Negeri karena menyeberang tahun yang idealnya final pada 2020,” ungkapnya.

“Kalau kita mengacu pada Permendagri, perubahan tentang Pemilihan Kepala Desa itu sudah tidak lagi punya batasan interval waktu dua tahun, yang penting maksimal tiga gelombang sehingga bisa saja beragam,” tutupnya.

Reporter: La Ode Samsuddin

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...