Tolak TKA China, Ratusan Mahasiswa Blokade Perbatasan Kendari-Konsel

2767
 

Kendari, Inilahsultra.com – Ratusan massa dari kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari memblokade perbatasan Kota Kendari dan Konawe Selatan (Konsep), Senin 22 Juni 2020.

Aksi blokade jalan ini sebagai bentuk protes terhadap rencana kedatangan tenaga kerja asing (TKA) asal China.

- Advertisement -

Rencananya, 500 TKA asal Tiongkok akan didatangkan ke Konawe Sultra untuk bekerja di dua perusahaan besar di Konawe.

Para TKA China ini akan didatangkan secara bergelombang. Pertama akan datang pada Selasa 23 Juni 2020 lewat Bandara Halu Oleo Kendari.

Menteri Pergerakan BEM IAIN Kendari Benny Lamangga menyatakan, blokade jalan ini merupakan bentuk protes atas kebijakan pemerintah yang memaksakan TKA China masuk di tengah pandemi virus corona.

β€œKita juga akan blokade semua jalan keluar Bandara Haluoleo,” katanya.

Selain karena pandemi virus corona, kedatangan TKA China juga ini bertentangan dengan aturan. Sebagaimana kasus kedatangan 49 TKA China yang hanya menggunakan visa kunjungan.

β€œIni persoalan hukumnya belum selesai. Kita dilarang berkumpul berdasarkan maklumat Kapolri, tapi membiarkan TKA China masuk di tengah pandemi,” jelasnya.

Ia menuturkan, seluruh TKA China harus mematuhi aturan jika datang bekerja di Indonesia. Salah satunya adalah harus belajar lebih dulu bahasa Indonesia.

β€œTKI kita harus disekolahkan dulu sebelum bekerja di luar negeri. TKA China juga harus magang dulu belajar bahasa kita. Jangan diistimewakan,” ujarnya.

Penulis : Pandi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
4
Komentar
loading...