Pemkab Konkep Siapkan Rp 3,4 Miliar untuk Insentif Guru Honorer

986
 

Konkep, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menyediakan insentif honor daerah (Honda) untuk tenaga pendidik non-pegawai negeri sipil (PNS) senilai Rp 3,4 miliar.

Di Konkep tercatat ada 433 tenaga pendidik non-PNS yang dianggap layak mendapatkan upah dari Pemkab. Seluruh tenaga honorer tersebut telah mendapatkan SK Bupati Konkep Amrullah.

- Advertisement -

Kepala Bidang (Kabid ) Guru dan Ketenagaan Dinas PK Konkep, Suhail mengungkapkan, anggaran tersebut telah dialokasikan tahun ini.

“Perbulannya untuk tingkat TK itu Rp 500.000, tingkat SD dan SMP itu Rp 750.000 dan itu kami bayarkan setiap tiga bulan,” tuturnya, Rabu 24 Juni 2020.

Kata dia, pemberian insentif tersebut dinilai pada keaktifan guru tersebut dan diusulkan oleh yang bersangkutan dengan persetujuan kepala sekolah. Setelah itu dianalisis oleh dinas PK sesuai kebutuhannya.

“Kalau berdasarkan UU Guru dan Dosen tahun 2005 diisyaratkan guru itu harus S1,” ungkapnya.

Lanjut Alumni Universitas Sarjanawiata Taman Siswa itu menyebut, honor dari Pemkab Konkep ini tidak termasuk honor-honor lain di sekolah. Misalnya seperti pengisian raport, transportasi, penyusunan soal dan penambahan jam mengajar. Tenaga honorer masih bisa mendapatkan upah dari sekolah melalui dana BOS.

“Pemberian insentif tersebut sudah berjalan tahun ketiga. Sejak tahun 2018, 2019 dan 2020,” sambungnya.

Ia merinci, tenaga pendidik tingkat TK sebanyak 149 orang, SD 189 orang dan SMP 95 orang.

Penulis : Sadaruddin

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...