Siap-siap, Antara Rusman Emba dan Syarifuddin Udu Diputuskan Dalam Waktu Dekat

5337
 

Buranga, Inilahsultra.com – DPP PDIP belum memutuskan siapa Calon Bupati (Cabup) Muna yang akan diusung. Jelasnya, PDIP ingin tampil sebagai pemenang dalam Pilkada Muna nanti.

Ketua DPD PDIP Sultra Abu Hasan mengatakan, dua nama Cabup yang sudah diserahkan ke DPP PDIP adalah Rusman Emba dan Syarifuddin Udu. Meskipun sebelumnya, ada tiga nama yang sempat mendaftar.

- Advertisement -

“Melalui Desk Pilkada awalnya yang mendaftar di Muna adalah Rusman Emba, Rajiun Tumada, kemudian Syarifuddin Udu,” kata Bupati Buton Utara (Butur) itu di ruang kerjanya, Senin 6 Juli 2020.

Menurut dia, posisi PDIP di Kabupaten Muna tidak memungkinkan mengusung calon tanpa koalisi. Sehingga calon yang mendaftar diminta mengajukan partai koalisi yang berpotensi mengusung mereka.

“Karena kita di Muna itu tidak bisa mengusung calon sendiri karena kita kurang kursi harus berkoalisi,” tuturnya.

Dari syarat itu, lanjut Abu Hasan, ada Cabup yang mengajukan rekomendasi partai lain dan ada juga yang mengajukan surat tugas. Sehingga mereka yang mengajukan calon partai koalisi sudah di rekomendasikan ke DPP PDIP.

“Sehingga kita sudah merekomendasikan dua pasangan calon ke DPP. Rusman Emba pasangan Bahrun Labuta dan Syarifuddin Udu pasangan Hasid Pedansa,” terangnya.

“Jadi yang kita usul itu yang sudah jelas pasangannya dan sudah hampir partai koalisinya mencukupi persyaratan 20 persen. Sekarang nama-nama itu sudah diserahkan ke DPP,” tambahnya.

Kemungkinan, lanjut dia, dalam waktu dekat DPP PDIP akan melakukan pleno.

Pada saat itu, terangnya, biasanya pasangan calon itu ikut diundang. Diundang itu bisa bersamaan bisa tidak.

“Yang lalu itu saya diundang dan saya disuruh bersimulasi kekuatan masing-masing calon. Kekuatannya Rusman, Si A, Si B, dan Si C yang ada di Sulawesi Tenggara tentang potensi-potensi kemenangan. Kita ini ingin menang,” ujarnya.

Pada intinya, jelas dia, calon yang akan keluar melalui pintu PDIP itu ditentukan oleh DPP.

“Sampai hari ini belum keluar,” singkatnya.

Abu Hasan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...