KPU Wakatobi Gelar Coklit dan Pemutakhiran Data Serentak

498
 

Wakatobi, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wakatobi melakukan kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pemutakhiran Data Pemilih pada Pilkada 2020, Sabtu 18 Juli 2020.

Ketua KPU Wakatobi Abdul Rajab menjelaskan, mengawali Gerakan Coklit Serentak (GCS) diawali dengan apel Kesiapan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

- Advertisement -

Apel Kesiagaan GCS dilakukan dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020. Para Petugas Pemutahiran Data Pemilih diwajibkan memakai masker dan mengikuti protokol kesehatan.

Sebelum Coklit, kata Rajab, KPU menginventarisir data pemilih yang hendak di kunjungi. Terutama tokoh adat dan lainnya.

Untuk Coklit kali ini, lanjut Rajab, KPU Wakatobi melakukan Coklit ke tokoh agama, tokoh adat dan unsur Forkopimda di Kelurahan Mandati II Kecamatan Wangiwangi Selatan.

“Setelah kami melakukan Apel Kesiagaan Gerakan Coklit Serentak, kami langsung kunjungi adalah tokoh-tokoh agama, tokoh pemuda serta Forkopimda. Itu yang menjadi sasaran kami,” ungkapnya.

Menurut Rajab, proses selanjutnya setelah Coklit, KPU Wakatobi akan menyusun rekapitulasi hasil Coklit serentak dan melaporkan ke KPU RI melalui KPU Sultra.

“Namanya pemutakhiran, yang kami cek atau dipastikan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan namanya sudah sesuai atau belum dengan data pemilih,” lanjutnya.

Dia menambahkan, kalau terdapat data yang tidak sesuai maka akan segera melakukan perubahan sesuai data yang ada di dalam KK (Kartu Keluarga) dan KTP (Kartu Tanda Penduduk).

“Apabila sudah sesuai maka akan di centang, kalau belum sesuai maka dilakukan perubahan data, sesuai data KK dan KTP,” tutup Rajab.

Coklit Pemutakhiran Data Pemilih oleh KPU Wakatobi dilakukan Door to Door sesuai Surat KPU RI Nomor 552/PL.02.1-SD/01/VII/2020 tanggal 10 Juli 2020 tentang Pemberitahuan Kegiatan Gerakan Klik dan Coklit Serentak sejak 15 Juli sampai 13 Agustus 2020.

Reporter: La Ode Samsuddin

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...