Cara Memilih Hewan Kurban yang Sehat

270
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari menyarankan kepada masyarakat untuk memilih hewan kurban yang sehat pada perayaan Iduladha 2020.

Dokter hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari, Titah menjelaskan, hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat agar tidak salah memilih hewan kurban yang sehat bisa dilihat dengan ciri-ciri hewan. Misalnya, lincah, aktif, mata jernih dan bersinar, bulunya mengkilat, perawakan gemuk, dan hidung basah.

- Advertisement -

“Kalau hewan yang sehat itu, kita bisa melihat matanya yang berbinar, hidungnya basah berembun, bulu-bulunya halus mengkilap dan lembut,” jelas Titah, Kamis 23 Juli 2020.

Kemudian, Titah menjelaskan, hewan kurban tidak cacat. Cacat dalam artian seperti tidak pincang, matanya tidak buta, alat kelamin normal, cukup umur. Selanjutnya, hewan memilih nafsu makan yang baik dipastikan badannya gemuk, warna kulitnya cerah dan mengkilat.

“Kalau kambing atau domba usia di atas 1 tahun dan kalau sapi usia di atas 2 tahun yang ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap,” jelasnya.

Masyarakat, lanjut Titah, harus memperhatikan lebih seksama hewan yang akan dibeli, pastikan yang dibeli memenuhi kriteria hewan kurban yang sehat dan layak untuk dikonsumsi.

“Lebih jelasnya masyarakat  menanyakan tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan hewan sebelum memilih hewan kurban,” jelasnya.

Sementara cara mengenali kualitas daging yang baik, ia menyebut, daging yang baik itu teksturnya merah dan segar atau tidak pucat. Teksturnya kenyal, apabila ditekan akan cepat kembali. Bau tidak menyimpang menyengat di permukaan daging lembab dan kelihatan bersih.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...