Kapal Nelayan Terbakar di Wakatobi, Seluruh Penumpang Selamat

Nelayan di Wakatobi dievakuasi tim SAR Gabungan. (Istimewa)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Kapal nelayan di Wakatobi dilaporkan terbakar. Beruntung semua awaknya ditemukan selamat.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi menyebut, pada pukul 23.30 WITA, Rabu 5 Agustus 2020, Comm Centre Basarnas Kendari menerima informasi dari Ibu Eta salah seorang keluarga korban yang melaporkan bahwa pada pukul 19.30 WITA telah terjadi kecelakaan pelayaran yakni satu buah longboat terbakar di antara karang Kapota dan karang Kaledupa Kabupaten Wakatobi.

-Advertisement-

Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 23.50 WITA, tim rescue pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju lokasi dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR.

Jarak antara lokasi dengan Pos SAR Wakatobi diperkirakan sekitar 14 nautical mille. Cuaca cerah, tinggi gelombang 0,5 meter, arah angin Selatan – Timur dengan kecepatan 12 knot/jam.

“Pada pukul 01.55 WITA, Tim SAR gabungan berhasil menemukan seluruh penumpang dalam keadaan selamat  diantara karang Kapota dan Karang Kaledupa,” katanya, Kamis 6 Agustus 2020.

Pada pukul 02.00 WITA, 4 orang penumpang dievakuasi dengan menggunakan RIB Pos SAR Wakatobi sedangkan 6 orang nelayan lainnya menunggu di rompon untuk menarik longboat dengan menggunakan kapal milik rekannya yang sudah dalam perjalanan.

“Dan pada pukul 04.00 WITA, Tim SAR gabungan tiba di dermaga Wanci bersama 4 orang POB dalam keadaan selamat,” imbuhnya.

Ia merinci kronologi kejadian, pada 5 Agustus 2020 pukul 15.00 WITA longboat sepanjang 12 meter ini keluar melaut berangkat dari pelabuhan Matina Wanci untuk mencari/memanah ikan di bagian tenggara karang Kapota.

Pada pukul 19.30 WITA, longboat yang digunakan terbakar dimana penyebabnya belum diketahui dikarenakan seluruh penumpang sedang melakukan penyelaman untuk memanah ikan.

Jumlah penumpang 10 orang yang keseluruhan merupakan warga Desa Bente Kecamatan Wangi-Wangi.

Dalam pencarian ini turut melibatkan Rescuer Pos SAR Wakatobi 6 orang, Pol Air Wakatobi 2 orang, Pos AL Wakatobi 1 orang dan masyarakat nelayan 5 orang.

Data penumpang :
1. Lapondi/Laki/33thn
2. Lanui/Laki/53thn
3. Lamuru/Laki/42thn
4. Amir/Laki/52thn
5. Sa Ali/Laki/32thn
6. Arnol/Laki/34thn
7. Seni/Laki/32thn
8. Ladona/Laki/30thn
9. La Oge/Laki/34thn
10. Labula/Laki/37thn

Penulis : Haerun

Facebook Comments