Kasus Corona di Kendari Terus Bertambah, Gugus Tugas : Kesadaran Masyarakat Kurang

1867
 

Kendari, Inilahsultra.com – Peningkatan kasus virus corona di Kota Kendari kian tak terbendung dan terus mengalami penambahan akhir-akhir ini.

Pada Minggu 9 Agustus 2020, Gugus Tugas Covid-19 Kota Kendari kembali melaporkan lima kasus baru terkonfirmasi positif.

- Advertisement -

“Hari ini kasus baru kita yang terkonfirmasi positif sebanyak lima orang,” kata Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Alghazali Amirullah.

Lima kasus baru ini tersebar di
Kelurahan Bende satu orang perempuan umur 49 tahun klaster Pengadilan Tinggi Agama. Kelurahan Kambu satu orang perempuan usia 46 tahun riwayat kontak erat dengan pasien positif sebelumnya.

Kelurahan Wawombalata perempuan umur 37 tahun tidak ada kontak sebelumnya. Kelurahan Lahundape satu orang perempuan
umur 26 tahun merupakan tenaga kesehatan yang ada di Kota Kendari dan laki-laki umur 40 tahun memiliki riwayat kontak dengan pasien positif sebelumnya.

“Semua lima pasien positif saat ini sudah dilakukan perawatan isolasi atau karantina di Rumah Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Dengan tambahan lima kasus baru ini, total keseluruhan kasus positif di Kota Kendari kini mencapai angka 296 orang dengan rincian sembuh 146 orang, meninggal tetap 7 orang dan masih menjalani perawatan isolasi sebanyak 143 orang.

“Dengan bertambahnya lima orang terkonfirmasi positif pada hari ini, menunjukan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan kurang, karena dalam satu atau dua minggu ini selalu ada penambahan kasus positif,” jelasnya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Kendari ini meminta kepada keluarga atau kerabat yang pernah kontak dengan pasien terkonfirmasi positif agar secara sportif melaporkan diri kepada Gugus Tugas Covid-19 Kota Kendari.

“Kita minta kepada yang pernah kontak langsung dengan pasien positif corona dengan sukarela melapor kepada kami, karena ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Ia mengaku, pihaknya tidak henti-hentinya menyampaikan kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan jaga jarak, cuci tanga pakai sabun, menggunakan masker, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat

“Mari kita saling tingkatkan kepedulian dan kewaspadan. Bersama kita tingkatkan kesehatan imunitas, dan saling mendukung dalam memutus penyebaran virus,” tutupnya.

Langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bersama gugus tugas untuk meminimalisir angka virus corona berbanding terbalik dengan kesadaran masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus.

Pantuan Inilahsultra.com, sejumlan tempat keramaian di Kota Kendari salah satunya di sekitaran tugu religi Sultra atau di MTQ Kendari, banyak orang berkumpul tidak menerapkan protokol kesehatan seperti tidak memakai masker, tidak mengatur jarak satu sama lain.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...