1.111 KK di Buteng Terima Bantuan JPS

230
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) menyalurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada 1.111 Kepala Keluarga (KK) di 10 kelurahan. Jumlah ini menyusut dari sebelumnya yang mencapai 3000-an lebih.

Kepala Dinas Sosial Buteng Abidin mengatakan, bantuan tersebut sudah didistribusikan sejak pekan lalu. Bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Buteng tahun 2020 itu menelan anggaran hingga Rp 1 Miliar.

- Advertisement -

“Sejak pekan lalu kita sudah distribusikan di 10 kelurahan, dimulai dari kelurahan yang ada di Kecamatan Mawasangka. Hari ini kita sudah salurkan di Kelurahan Lakudo dan Kelurahan Gu Timur, nanti hari jumat mendatang kita akan salurkan di Kecamatan Talaga,” rinci Abidin.

Bantuan JPS tersebut, lanjut dia, hanya disasarkan pada kelurahan saja. Sedangkan bantuan JPS untuk desa, sudah dianggarkan melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa.

Mantan Kepala Dinas Koperasi ini menambahkan, anggaran Rp 1 Miliar tersebut dibagi tiap KK hanya sebesar Rp 300.000 per bulan. Bantuan JPS tersebut akan berlangsung selama tiga bulan.

“Sebenarnya untuk penyalurannya dilakukan pada bulan Mei, Juni, dan Juli. Namun akibat permasalahan data jadi kita baru bisa bayarkan dan kita langsung bayarkan satu kali tiga bulan totalnya Rp 900.000 per KK,” terangnya.

Untuk saat ini, Dinas Sosial baru menyalurkan sebanyak 1.111 KK. Namun pemerintah daerah tetap akan mengusulkan lagi untuk pencairan ke dua, yang disasarkan kepada masyarakat yang belum menerima.

“Kita akan data ulang lagi masyarakat miskin yang belum menerima, pemerintah sudah menyiapkan anggaran penyaluran bagi masyarakat miskin yang belum mendapat BLT JPS tersebut,” terangnya.

Kata dia, anggaran saat ini sudah siap 99 persen. Sehingga penyaluran tahap kedua kemungkinan akan di anggarkan melalui Dana Insentif Daerah (DID).

“Data keseluruhan yang disetor 10 kelurahan ada sekitar 3.032 KK, jadi sisahnya yang 1.900 KK lebih itu kita sudah sampaikan jangan kecewa, pemerintah kabupaten sudah siapkan anggaran untuk penyaluran selanjutnya tinggal menunggu saja,” tutupnya.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...