Wabup Buton Berharap SKB Bisa Hasilkan ASN Berintegritas Tinggi

305
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diharapkan bisa menghasilkan Aparatur Sipil Negara (ASN) berintegritas tinggi dan memiliki kemampuan memadai dalam menjalankan tugas.

Sehingga, cita-cita mewujudkan pemerintah yang baik dan bersih bisa diwujudkan.

- Advertisement -

Harapan itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Buton Iis Elianti saat membuka Tes SKB CPNS Kabupaten Buton yang dipusatkan di Gedung Wakaka Kecamatan Pasarwajo, Kamis 17 September 2020.

Menurut Iis, SKB adalah rangkaian seleksi penerimaan CPNS sebagaimana tertuang pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi CPNS tahun 2019.

Apalagi, para peserta sebelumnya telah mengikuti Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) yang dilaksanakan pada bulan Februari lalu.

“Tahun ini pelaksanaan tes CPNS agak memprihatinkan karena kegiatan ini dilaksanakan saat bangsa dan negara kita bahkan dunia sedang berperang melawan Covid-19 yang telah memakan korban jiwa yang tidak sedikit jumlahnya. Olehnya itu kami mengimbau kepada seluruh peserta SKB dan kita semua untuk menjaga diri dan keluarga dari penularan dan penyebaran virus Covid-19 dengan senantiasa menjalankan protokol pencegahan dan pola hidup yang sehat,” kata pokitikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Buton Awaludin mengatakan, tes SKB di Buton digelar selama dua hari. Hari pertama pelaksanaan tes SKB CPNS diikuti 306 peserta yang dibagi dalam tiga sesi.

“Sesi pertama diikuti 102 peserta. Begitu juga dengan sesi kedua dan ketiga,” ujarnya.

Kata Awaludin, setiap sesi digelar selama 90 menit dengan jumlah soal 180 nomor.

Pada hari kedua nanti, lanjut dia, 103 peserta akan mengikuti SKB yang akan digelar pada hari Sabtu 19 September 2020. Sehingga total yang mengikuti tes SKB tahun 2020 ini sebanyak 409 peserta.

“Total yang mengikuti SKB berjumlah 414 peserta. Sisanya ada yang mengikuti tes di Kendari dan daerah lain,” katanya.

Dalam pelaksanaan tes SKB, lanjut dia, dipantau langsung Kepala BKN regional IV Makassar Drs Harun Arsyad SH MH.

Bagi peserta yang lulus langsung melihat nilai pada papan komputer yang disiapkan panitia.

Pada pelaksanaan tes kali ini, dilakukan dengan standar Covid-19 dengan menjaga jarak, pakai masker, dan mencuci tangan.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...