Pemkab Buteng Siapkan 600 Hektar untuk Lahan Transmigrasi

418
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) menyiapkan lahan seluas 600 hektar untuk pemukiman transmigrasi baru di Kecamatan Mawasangka.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Kabupaten Buteng La Saripi mengatakan, lahan tersebut dihibahkan masyarakat di Kecamatan Mawasangka.

- Advertisement -

β€œKita sudah mengusulkan ke Disnakertrans Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), sudah disahuti Gubernur Sultra H Ali Mazi dan sudah ditindak lanjuti pada bulan Februari lalu,” ungkapnya.

Kata dia, program daerah transmigrasi merupakan program tahun 2021 yang di usulkan melalui dana APBN. Untuk anggaran yang di porsikan di Sultra pada tahun 2021, Kabupaten Buteng masuk pada urutan ke tiga.

La Saripi mengatakan, lokasi transmigrasi tersebut masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) perubahan yang lalu.

Menurut dia, meski masyarakat menghibahkan lahan seluas 600 hektar, namun Pemerintah Provinsi Sultra baru bisa memberi kuota baru sekitar 150 hektar dan sudah dibayar ke negara sebesar Rp 150 juta.

β€œ150 hektar itu, kita usulkan pembangunan 300 unit sebagai tahap awal. Namun, hal tersebut sebagai dasar untuk bisa mendapatkan program pembangunan pemukiman transmigrasi baru,” jelasnya.

Selain itu, lanjut La Saripi, untuk memuluskan program tersebut, pemerintah daerah telah berkoordinasi dengan pihak Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) agar Buton Tengah bisa mendapat program tersebut, kemudian dikerjakan sesuai petunjuk teknis dan sesuai skala prioritas.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...