Rapat Revisi RTRW Konsel, Ketua dan Anggota DPRD Nyaris Adu Jotos

Rapat di DPRD Konsel berlangsung ricuh. Ketua dan anggota DPRD terlibat adu mulut. (Screenshot video)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Rapat revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang akan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Selatan nyaris adu jotos.

Rapat tersebut dipimpin langsung
Ketua DPRD Irham Kalenggo dan dihadiri seluruh anggota Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda), Senin 5 Oktober 2020.

Saat membuka jalannya rapat, Irham Kalenggo langsung mendapat interupsi dari anggota DPRD dari Fraksi PDIP Herman Pambahako.

Saat melayangkan interupsi
Herman Pambahoko sambil berdiri
dengan mengeluarkan nada keras, sempat membuang kertas yang ada di hadapannya.

Sementara itu Irham Kalenggo yang memimpin rapat juga sempat berdiri dan menunjuk Herman Pambahako untuk memberikan instrupsi yang komprehensif. Namun, Herman Pambahoko tidak menerima ditunjuk langsung membuang gelas dan piring yang ada di depan mejanya.

Ketegangan yang terjadi itu membuat sejumlah anggota DPRD lainnya dan staf menenangkan keduanya, hingga skorsing sidang.

Anggota DPRD lain Nadira langsung mengambil microfon dan menyampaikan untuk tenang dan menyerukan kepada yang tidak berkepentingan untuk meninggalkan ruangan.

“Awalnya rapat berlangsung aman dan terkendali, setelah itu ketegangan terjadi, karena adanya perbedaan pendapat terkait RTRW yang akan ditetapkan menjadi Perda dan yang menolak,” kata Udin Saputra salah satu anggota DPRD Konsel.

Ia menambahkan, setelah adanya kributan dan diamankan, ketua DPRD Irham Kalenggo kemudian menskorsing sidang untuk istrahat.

“Saat ini baru di buka kembali pembahasan revisi RTRW,” singkatnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments