Dukung Tenaga Kerja Terampil, Yayasan Andrew dan Tony Bakal Bangun Politeknik di Morosi

202
 

Kendari, Inilahsultra.com – Yayasan Andrew dan Tony bakal membangun gedung Politeknik di Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil.

Pendirian Politeknik untuk membantu atau memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil di bidangnya. Secara khusus, perguruan tinggi tersebut dapat menghasilkan tenaga siap kerja di pabrik dalam kawasan industri PT VDNI, PT OSS dan sekitarnya.

- Advertisement -

Presiden Direktur PT VDNI dan OSS, Mr Tony Zhou Yuan mengatakan, proses pembangunan gedung politeknik akan dimulai November 2020. Target penyelesaian pembangunan gedung enam bulan, untuk target keseluruhan satu tahun.

“Politeknik ini akan bekerja sama dengan sekolah vokasi dalam negeri meliputi materi pembelajaran, rekrutmen, dan magang serta tidak menutup kerja sama dengan sekolah vokasi luar negeri yang telah terakreditasi,” ucap Tony saat ditemui di Morosi, Kamis 29 Oktober 2020.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara mendukung pembangunan gedung politeknik. Namun, mengutamakan warga yang ada di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Kapoiala, Kecamatan Bondoala dan Kecamatan Morosi.

“Ke depannya pekerja di tiga kecamatan tidak ada lagi pekerja non skill, dengan adanya politeknik warga di sini bisa memiliki skill dan bisa bekerja dengan baik,” tutur Gusli dalam sambutannya.

Lanjut Gusli, atas nama pemerintah daerah Konawe mensupport adanya pembangunan gedung politeknik agar ke depannya bisa berkembang dan menyerap tenaga kerja lebih besar.

“Adanya investasi di Morosi akan memberikan sumbangsi besar dan mampu mempercepat pembangunan daerah di Kabupaten Konawe,” tuturnya.

External Affairs Manager PT VDNI, Indrayanto menambahkan, politeknik akan membuka program studi atau jurusan D3 Metalurgi (permesinan), Teknik Sipil Konstruksi dan Teknik Kelistrikan. Diharapkan akan menjadi pusat inovasi teknologi dan pengembangan produk berbasis nikel dan stainless steel.

“Lulusan politeknik akan menyerap lebih banyak tenaga kerja lokal dan mendukung program pemerintah dalam pengembangan SDM untuk memacu pertumbuhan industri berbasis nikel dan stainless steel, terutama di wilayah Sultra,” pungkasnya.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...