Hitung Cepat KPU, Tiga Petahana Pilkada di Sultra Tumbang

1926
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tujuh daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) telah selesai dilaksanakan dan berjalan lancar pada 9 Desember 2020.

Tujuh daerah yang melaksanakan pemilihan Kabupaten Muna, Wakatobi, Kolaka Timur (Koltim), Konawe Utara (Konut), Konawe Selatan (Konsel), Konawe Kepulauan (Konkep), dan Buton Utara (Butur) diramaikan wajah-wajah petahana, baik bupati maupun wakil bupati yang punya kesempatan maju kembali dan bersaing menjadi lawan.

- Advertisement -

Terdapat tiga petahana bupati berhasil ditumbangkan penantangnya, sementara empat petahana lainnya masih terpilih kembali berdasarkan data hitung Sirekap Komisi Pemiliham Umum (KPU) melalui websitenya 100 persen, Senin 14 Desember 2020.

Berikut tiga petahana Bupati tumbang Pilkada :

Pilkada Kolaka Timur

Paslon Bupati Samsul Bahri-Andi Merya berhasil mengalahkan petahana Tony Herbiansyah-Baharuddin Pilkada Kolaka Timur (Koltim).

Samsul Bahri-Andi Merya berhasil menumbangkan rivalnya dengan memperoleh suara 38.150 atau presentase 52.6 persen. Sedangkan pasangan petahana Tony Herbiansyah-Baharuddin mengumpulkan suara 34.343 atau presentase 47.4 persen

Hal ini berdasarkan jumlah 302 tempat pemunguta suara (TPS) dari 12 kecamatan se Koltim.

Untuk diketahui, Tony Herbiansyah bersama Andi Merya merupakan bupati dan wakil bupati sebelumnya. Keduanya berpisah untuk maju Pilkada tahun ini.

Pilkada Wakatobi

Pilkada Kabupaten Wakatobi paslon petahana Arhawi-Hardin Laomo meraih 29.901 suara atau presentase 48.4 persen. Suara yang diraih paslon petahana ternyata tidak bisa memenangkan Pilkada, karena paslon penantang Haliana-Ilmiati Daud mendapatkan 31.937 suara dengan prsentase 51.6 persen.

Hasil ini berdasarkan akumulasi 274 tempat pemungutan suara (TPS) dari delapan kecamatan di Kabupaten Wakatobi.

Pilkada sebelumnya, Arhawi berpasangan dengan Ilmiati Daud berhasil mengalahkan Haliana bersama pasangannya. Pilkada 2020 ini Haliana berpasangan dengan Ilmiati Daud berhasil mengalahkan Arhawi.

Pilkada Buton Utara

Pilkada Kabupaten Buton Utara (Butur) ada tiga paslon yang bertarung untuk memimpin daerah pecahan Kabupaten Muna tersebut berhasil dimenangkan paslon Ridwan Zakariah-Ahali dengan perolehan 15.887 suara dengan presentase 38.3 persen mengalahkan paslon petahana Abu Hasan-Suhuzu mendapatkan 13.607 suara atau prsentase 32.8 persen.

Hal ini berdasarkan hasil atau akumulasi 170 tempat pemungutan suara (TPS) dari enam kecamatan.

Berikut empat petahana bupati menang Pilkada :

 

Pilkada Muna

Pilkada Kabupaten Muna diikuti dua kandidat berebut tahta kepemimpinan di Bumi Sowite. Yaitu Pasangan incumbent LM Rusman Emba-Bahrun Labuta (Terbaik) ditantang oleh mantan Bupati Muna Barat LM Rajiun Tumada-La Pili (Rapi).

Di Muna terdapat 22 kecamatan dengan jumlah 409 tempat pemungutan suara (TPS). Pasangan LM Rusman Emba-Bahrun Labuta mengungguli penantangnya dengan memperoleh 64.221 suara atau presentase 53.4 persen.

Sementara pasangan LM Rajiun Tumada-La Pili mengumpulkan suara sebanyak 56.008 atau presentase 46.6 persen.

Pilkada Konawe Selatan

Pilkada Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terdapat dua pasangan calon sebagai penantang, yakni Rusmim Abdul Gani-Senawan Silondae (SS) dan Muh Endang SA-Wahyu Ade Pratama (Ewako) merebut tahta dari petahana Surunuddin Dangga-Rasyid (Suara).

Pilkada Konsel terdapat 632 tempat pemungutan suara (TPS) dari 25 kecamatan. Paslon Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae hanya mendapatkan total 20.589 suara dengan presentase 12.1 persen.

Paslon Muh Endang SA-Wahyu Ade Pratama memperoleh total 73.436 suara dengan presentase 43.2 persen, sementara incumbent Surunuddin Dangga-Rasyid mengumpulkan total 75.949 suara dengan presentase 44.7 persen. Angka kemenangan paslon suara hanya beda 1.5 persen suara dengan paslon Ewako.

Pilkada Konawe Utara

Pilkada Kabupaten Konawe Utara diikuti dua paslon, yaitu petahana Ruksamin-Abu Haera belum bisa dikalahkan oleh paslon Raup-Iskandar Z Mekuo sebagai penantang.

Terdapat 13 kecamatan dan 15 tempat pemungutan suara di Konawe Utara, paslon Ruksamin-Abu Haera berhasil mengalahkan lawannya dengan memperoleh total 2.592 suara atau presentase 65.7 persen. Sementara paslon Raup-Iskandar Z Mekuo hanya mengumpulkan total 1.356 suara dengan presentase 34.3 persen.

Untuk diketahui, Ruksamin dan Raup merupakan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan sebelnya, keduanya berpisah dan menjadi rival ketika sama-sama maju bertarung menjadi calon bupati pada Pilkada tahun ini.

Pilkada Konawe Kepulauan.

Pilkada Kabupaten Konawe Kepuluan (Konkep) merupakan satu-satunya daerah yang diikuti 4 paslon berebut kekuasaan di pulau kepala, berhasil dimenangkan paslon petahana Amarullah-Andi Muhammad Luhtfi memperoleh total 12.769 suara dengan presentase 51.4 persen, posisi kedua diraih oleh paslon Abdul Halim-Untung dengan perolehan 7.193 suara atau presentase 29.0 persen, untuk posisi ketiga paslon Musdar-Ilham Jaya mendapatkan 4.669 suara dengan presentase 18.8 persen, sementara paslon Muhammad Oheo Sinapoi-Muttaqin hanya memperoleh 214 suara dengan presentase 0.9 persen.

Hasil ini bersasarkan data masuk di tujuh kecamatan yang terdapat 101 tempat pemungutan suara (TPS) di Konawe Kepulauan.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2
Komentar
loading...