Dukung AJP, Hery Asiku Dilawan Pengurus Golkar Kendari

632
Pengurus Golkar tingkat kecamatan di Kota Kendari memprotes pernyataan Hery Asiku mendukung AJP di Pilwali Kendari. (Haerun)

Kendari, Inilahsultra.com Pengurus Kecamatan Partai Golkar se Kota Kendari menyayangkan pernyataan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sultra, Hery Asiku yang mendukung Aksan Jaya Putra (AJP) maju di pemilihan Wali Kota Kendari mendatang.

Hal ini diungkapkan enam Pimpinan Kecamatan (PK) Golkar Kendari, yaitu Samsul Umar selaku Ketua PK Kadia, Surahman Isak selaku PK Abeli, Suprianto selaku PK Kambu, Arjal selaku PK Kendari Barat, Said selaku PK Wua-Wua, dan Irwan selaku PK Poasia.

- Advertisement -

Ketua Forum PK DPD II Partai Golkar Kota Kendari, Syamsul Umar mengatakan, pernyataan Ketua DPD I Golkar Sultra, Hery Asiku sangat disayangkan oleh pengurus Golkar di tingkat kecamatan Kota Kendari. Jika Herry Asiku berbicara kapasitasnya sebagai Wakil Ketua DPRD Sultra dalam hal ini fraksi Golkar dan sebagai relasi di DPRD Sultra, menurutnya itu hal yang biasa dan tidak dipersoalkan. Tetapi jika kapasitasnya sebagai Ketua DPD I, itu sangat luar biasa melukai hati segenap pengurus Golkar se Kota Kendari.

“Pernyataan Hery Asiku selaku Ketua DPD I Golkar Sultra membuat kami terpukul bahkan telah melukai dan mencederai hati dan pikiran kami sebagai pengurus Golkar di tingkat bawah,” ucap Syamsul Umar, Jumat 8 Januari 2021.

Ketua PK Kadia Golkar Kendari ini menjelaskan, pernyataan Hery Asiku hanya mengarahkan satu orang calon untuk didukung dan diusung sebagai calon wali kota. Sementara, di pengurus DPD II Golkar Kota Kendari masih ada kader yang siap maju di Pilwali, salah satunya adalah Ketua DPD Golkar Kendari LM Inarto.

“Dengan pernyataan Hery Asiku sebagai Ketua DPD I kemarin itu hanya mengusung satu orang saja di Pilwali, kami tegaskan pengurus Golkar Kendari terutama semua pengurus kelurahan dan kecamatan se Kota Kendari tidak terima dan menolaknya,” tegasnya.

Lanjut Syamsul Umar mengatakan, Ketua DPD Golkar Sultra dan Aksan Jaya Putra belum melakukan komunikasi dengan pengurus Golkar Kendari di tingkat kelurahan dan kecamatan sebelum menyampaikan pernyataanya di media.

“Sampai hari ini belum ada komunikasi dari provinsi dan AJP. Belum ada. Harusnya itu, kita dudukan bersama dulu, sebelum ada pernyataan seperti itu. Jangan langsung tiba-tiba menyampaikan seperti di media, itukan sama saja tidak menghargai pengurus tingkat bawah Golkar Kota Kendari,” ujarnya.

Lanjutnya, di Partai Golkar punya aturan dan mekanisme dalam mengusung calon yang akan maju di Pilwali Kendari, dimulai dari tingkat kelurahan, selanjutnya tingkat kecamatan. Kemudian rekomendasi tersebut diplenokan di DPD II, dan DPD I sebelum dibawa ke DPP.

“Kami di Partai Golkar punya mekanisme tersendiri, siapapun dia, silahkan mencalonkan diri sebagai Wali Kota tetapi harus melalui aturan dan mekanisme Partai Golkar,” jelasnya.

Ia menambahkan, sesuai rekomendasi dan dukungan yang diajukan oleh pimpinan kelurahan se Kota Kendari pada saat musyawarah tingkat Kecamatan, sudah sepakat mendukung LM. Muh Inarto maju di Pilwali Kendari. Meskipun, Pilwali Kendari masih lama, tapi pengurus kelurahan dan kecamatan terus mengamati dan tetap mengawal.

“Kami masih konsisten dan berkomitmen mendukung LM Muh Inarto sebagai calon wali kota. Syarat dan dukungan ini tetap kami kawal sesuai dengan keinginan dan dukungan rekomendasi para pimpinan kelurahan pada saat musyawarah kecamatan se Kota Kendari,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...