PT Antam Gelar Upacara Pembukaan Bulan K3 Tahun 2021

291
PT Antam Tbk UBPN Sultra menggelar upacara pembukaan Bulan K3, Senin 18 Januari 2021.

Kendari, Inilahsultra.com – PT Antam Tbk UBPN Sultra menggelar upacara pembukaan Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) tahun 2021 secara Online via zoom dan offline di halaman main office, Senin 18 Januari 2021. Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Wakil Bupati Kolaka H. Muhammad Jayadin.

Upacara pembukaan bulan K3 tahun 2021 ini ikut dihadiri General Manager PT Antam Tbk UBPN Sultra Nilus Rahmat, Vice President Human Capital CSR & Finance Dito Yulianto, Vice President Feni Plant Ulil Amri Nizhamul, Vice President Mining and Operation Support Mahana Hendah Sunarno, dan Vice President Finance Hamdan.

- Advertisement -

Direktur Operasi dan Produksi PT Antam Tbk Hartono yang dibacakan oleh pembawa acara Syamsul Bahri mengatakan, tahun 2020 telah dilewati dengan segala permasalahan dan hambatan yang telah dihadapi bersama meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

Sehingga, manajemen memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan PT Antam, mitra kerja, dan stakeholder yang telah berupaya mempertahankan kinerja keselamatan pertambangan untuk mendukung operasional perusahaan dengan tetap menjalankan protokol pencegahan dan penanganan Covid-19.

Menurut Hartono, masa pandemi Covid-19 merupakan momentum bagi semua untuk memahami pentingnya penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja. K3 merupakan kunci penting keberlangsungan perusahaan dan perlindungan pekerja dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19 untuk menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat menuju kecelakaan nihil guna peningkatan produktivitas perusahaan segera terwujud secara nyata.

Di dalam menyongsong periode operasi tahun 2021 ini, lanjut dia, manajemen telah menyusun rencana dan strategi untuk mencapai kinerja K3 yang lebih baik dari tahun lalu. Diantaranya dengan memfokuskan pada pengawasan keselamatan kerja melalui aplikasi mobile SUPERSAFE. Sehingga kondisi dan tindakan tidak aman yang terjadi di lapangan dapat diketahui untuk ditindaklanjuti secepat mungkin agar tidak terjadi kecelakaan.

Peran dari seluruh pekerja baik pegawai, mitra kerja dan anak perusahaan sangat diharapkan dalam pengawasan keselamatan melalui Aplikasi Supersafe tersebut. Hasil Evaluasi terhadap kecelakaan yang terjadi pada tahun 2020 menjadi acuan untuk memberikan output apa yang harus dilakukan pada tahun ini.

Hartono menambahkan, dalam rangka menjamin keselamatan tenaga kerja dan orang lain di tempat kerja, pengoperasian peralatan produksi yang aman dan efisien serta kelancaran proses produksi, diharapkan seluruh insan PT Antam dan mitra kerja dapat berperan dan berpartisipasi secara aktif di dalam peningkatan budaya K3 di tempat kerja. Sehingga penerapan dan pengelolaan K3 dapat terlaksana secara mandiri, komprehensif dan berkesinambungan.

Tahun ini, tambah dia, perayaan bulan K3 Nasional 2021 berbeda dari tahun sebelumnya. Perayaan bulan K3 Nasional masih dalam kondisi Pandemi Covid-19. Oleh karena itu beberapa kegiatan dilakukan secara virtual tanpa mengurangi esensi makna bulan K3 Nasional dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Wakil Bupati Kolaka H. Muhammad Jayadin yang membacakan sambutan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Ida Fauziah mengatakan, pada peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2021 ini, semua masih dalam kondisi prihatin dengan adanya Pandemi Covid-19 yang sampai sekarang masih belum benar- benar terkendali. Semoga pada hari-hari mendatang dengan adanya vaksin, negara dapat segera pulih dari kondisi kesehatan, kondisi ketenagakerjaan, maupun kondisi ekonomi.

Kondisi ini tidak menurunkan semangat untuk terus menerus menggelorakan pentingnya menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja kita masing-masing. Apalagi banyak kebijakan yang telah siterbitkan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Antara lain Keputusan Menteri No. 312 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan Perencanaan Keberlangsungan Usaha Dalam Menghadapi Pandemi Penyakit serta regulasi lainnya untuk dapat dijadikan pedoman bagi semua perusahaan. Saat ini sudah ada vaksin Covid-19.

“Semoga kita segera terbebas dari penyakit pandemi ini dan kembali memasuki kondisi yang normal seperti sedia kala,” ujarnya.

Pelaksanaan Bulan K3 tahun 2021 di PT Antam Tbk UBPN Sultra selama sebulan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Antara lain lomba poster K3, lomba video safety induction, lomba cerdas cermat antar satker secara online, pemilihan pegawai/mitra kerja teladan K3, penyuluhan supersafe serta penyuluhan vaksin Covid-19.

Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...