Wakil Ketua Komisi V DPR RI Berkunjung ke Koltim, Andi Merya Nur Sampaikan Usulan Penting

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae berkunjung di Kabupaten Kolaka Timur, Sabtu 24 April 2021. (Foto: Onno/ Inilahsultra.com)
Bacakan

Koltim, Inilahsultra.com – Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae berkunjung di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu, 25 April 2021. Kunjungan Ridwan Bae di Koltim untuk melihat langsung kondisi bendungan di Kecamatan Ladongi.

Kunjungan Wakil ketua Komisi V DPR RI yang membidangi infrastruktur dan perhubungan ini disambut baik oleh Plt Bupati Koltim Andi Merya Nur dan masyarakat setempat.

-Advertisement-

Tentunya, kunjungan Ridwan Bae dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Plt Bupati Koltim dengan harapan dapat membawa angin segar untuk menjadi langkah awal pemulihan ekonomi dan peningkatan pembangunan di Koltim.

Selain pembangunan Bendungan dan Infrastruktur, di hadapan Ridwan Bae, Andi Merya Nur menyampaikan usulan yang dianggap penting untuk pembangunan di Koltim. Diantaranya, pembangunan bendungan Mowewe dan Dangia serta jalan dua jalur di Ibu Kota Kabupaten Koltim.

“Terima kasih atas kehadiran Bapak Ridwan Bae di Kolaka Timur yang telah melihat langsung kondisi bendungan. Kita harapkan bendungan ini dapat mengairi sawah untuk peningkatan pendapatan masyarakat khususnya petani di Koltim,” kata Andi Merya Nur.

Selain pembangunan jalan dan bendungan, Andi Merya Nur juga menyampaikan usulan tambahan yaitu program percepatan peningkatan tata guna air irigasi, program bedah rumah 200 unit.

“Sebelumnya program bedah rumah beberapa tahu lalu pak Ridwan sudah dikucurkan di Koltim, kami meminta lagi pak 200 unit,” ucapnya.

Berikutnya, infrastruktur sosial ekonomi wilayah, pengembangan desa wisata yang akan ditempatkan di Desa Karemotingge (wisata air terjun) Kecamatan Tirawuta.

“Mohon kami diberikan deskresi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk perbaikan jalan ke obyek wisata Tetewa (10-20 kilo meter),” sambungnya.

Kemudian, pembangunan jalan nasional 2 jalur Tumbudaduo-Raterate-Lalingata 14 kilometer, program sanitasi dan usulan program pendidikan dan keagamaan.

Sebelum menanggapi itu, Ridwan Bae mengajak Plt Bupati dan pejabat di lingkup Pemkab serta masyarakat Koltim untuk bersama-sama menundukan kepala sejenak untuk mengenang dan mendoakan alhamhum Samsul Bahri.

Kemudian, politisi senior Partai Golkar Sultra ini menjawab permintaan tambahan dari Plt Bupati Koltim. Kata Ridwan, Ladongi adalah kebanggaan Indonesia dan menjadi kebanggaan masyarakat Koltim karena berada di sini.

“Dari 65 bendungan yang dibangun di Indonesia, salah satunya ada di sini. Untuk itu, mohon dipelihara dan dijaga secara bersama-sama. Karena dampaknya begitu besar bisa menghasilkan listrik, air baku, daerah wisata dan bisa menjadi pendapatan daerah,” ucap Ridwan.

Sementara usulan tambahan Plt Bupati Koltim lainnya, Ridwan menuturkan, mudah-mudahan bisa diperjuangan tahun 2022 sehingga masyarakat di sini tidak lagi kesulitan.

“Menyangkut jalanan, di Indonesia ada kategori jalan yaitu jalan nasional dan jalan provinsi. Kalau menyangkut jalan provinsi belum diaspal itu kewenangan Gubernur Sultra, masyarakat jangan salahkan Bu Mery (Plt Bupati Koltim),” jelasnya.

Di hadapan masyarakat setempat, Ridwan mengaku, saat melewati jalan menuju bendungan Ladongi, Ridwan sms menteri bahwa ia sedang bersama Kepala Balai Sungai, Balai Jalan, Balai Cipta Karya dan Balai Perumahan Sultra sedang berkunjung di Koltim. Ridwan menyampaikan, ada kerusakan jalan 8 kilometer. Menteri berterima kasih dan dalam waktu dekat akan datang ke Koltim.

“Artinya, ini menjadi peluang besar untuk mengusulkan apapun dan menteri memberi sinyal bahwa sebelum presiden RI datang kesini, terlebih dahulu menteri yang datang kesini. Jadi, apa yang disampaikan Bu Mery dan apa yang menjadi usulannya, disampaikan semuanya,” pungkasnya.

Reporter : Onno

Facebook Comments