Dewan Dukung Program Polri Pemasangan Kamera ETLE di Kota Kendari

137
Salah satu lokasi lampu merah yang dipasangkan kamera ETLE.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari mengapresiasi Polda Sultra dalam pemasangan kamera tilang elektronik atau Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah titik di Ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

-Advertisements-

Terdapat 16 titik lokasi yang dipasangkan kamera ETLE, salah satunya di perbatasan Renomeeto Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Kota Kendari.

Menurut anggota DPRD Kota Kendari, LM. Rajab Jinik, meski terbilang baru kehadiran kamera ETLE di beberapa lokasi di Kota Kendari dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas dan menambah kesadaran warga metro dalam tertib berlalu lintas.

“Kita harapkan kehadiran kamera ETEL dapat membuat masyarakat patuh dengan adanya berlalu lintas. Tapi kalau bukan kita mulai dari diri sendiri siapa lagi, kalau kita menunggu kesadaran masyarakat itu, maka sampai kapan warga akan patuh,” kata LM. Rajab Jinik, Selasa 27 April 2021.

Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari ini menilai, dengan kamera ETEL ini dapat menjadi pengawasan yang serius dan nyata dilakukan oleh kepolisian dalam berkaloborasi dengan pemerintah kota (Pemkot) Kendari terhadap warga yang tidak patuh peraturan lalu lintas.

“DPRD sangat mendukung dan menghormati langkah kepolosian.
Kita apresiasi petugas lalu lintas kita yang ada di Kota Kendari, khususnya Dirlantas Polda Sultra, Kapolres dan Kasatlantas Polres Kendari dalam menjaga keamanan, kenyamana dan hak masyarakat dalam berlalulintas,” ucapnya.

Politikus Partai Golkar ini juga mengapresiasi Pemkot Kendari yang telah menyiapkan lokasi-lokasi untuk pemasangan kamera ETLE dalam, karena dukungan dari pemerintah kota sangat penting dalam mensukseskan program Polri secara umum.

“Saya pikir pemeritah kota Kendari juga membantu dalam hal penyediaan tempat-tempat yang dipasangkan CCTV dalam membantu Polri mendeteksi pelanggaran lalu lintas,” tutupnya.

Sebelumnya, Kasubdit Tregiden Ditlantas Polda Sultra, AKBP R. Silaen mengatakan, pemasangan kamera ETLE di sejumlah titik sudah selesai. Namun, saat ini belum berfungsi karena masih dilakukan konektivitas dengan jaringan internet.

“Kita sudah pasang tapi belum aktif dan saat ini sedang dilakukan konektivitas dengan jaringan internet. Nanti setelah launching baru bisa berfungsi,” ujar Silaen. Selasa 20 April 2021.

Ia menjelaskan, sebelumnya rencana lauching pemasangan ETLE pada 23 sampai 27 April 2021. Namun ada kendala sehingga ditunda dengan batas waktu belum ditentukan.

“Launching kita menunggu Korlantas Polri, karena yang dilaunching bukan hanya Provinsi Sultra, namun dengan Provinsi lain,” jelasnya.

Pemasangan ETLE ini, lanjut Silaen, bukan hanya menyasar pelanggaran lalu lintas, namun kriminalitas lain.

“Ketika ada pelanggaran maka dapat terekam kamera ETLE. Kamera ini sangat jauh jangkaunnya,” ucapnya.

Pemasangan ETLE di 16 titik tidak dapat memback up semua pelanggaran yang ada, tetapi dapat memaksimalkan pelanggaran dan proses penegakan hukum tilang.

“Kami berharap dengan adanya pemasangan kamera elektronik bisa membuat masyarakat disiplin, taat dan patuh terhadap aturan lalu lintas. Dapat memberi dampak tertib administrasi kepemilikan kendaraan roda empat maupun roda dua,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...