Wabup Buton Hadiri Peringatan HUT Otonomi Daerah

36
Wabup Buton Iis Elianti saat mengikuti peringatan HUT Otonomi Daerah secara virtual di Aula Kantor Bupati Buton, Senin 26 April 2021.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Wakil Bupati (Wabup) Buton Iis Elianti menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Otonomi Daerah (OTDA) Tahun 2021.

Peringatan HUT yang mengusung tema ‘Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong royong di Masa Pandemi Covid-19 untuk masyarakat sehat, ekonomi daerah bangkit, dan indonesia maju’ diikuti secara virtual melalui zoom meeting di Aula Kantor Bupati Buton, Senin 26 April 2021.

- Advertisement -

Kegiatan tersebut diikuti Para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan, Para Gubernur, Para Bupati/Walikota dan Anggota Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/kota Seluruh Indonesia.

Di Aula Kantor Bupati Buton, tampak Sekda Buton La Ode Zilfar Djafar, Asisten Administrasi Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Buton, unsur Forkompimda, dan Kepala OPD Lingkup Pemkab Buton.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr.K.H. Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Kemendagri, perangkat daerah, penyelenggara Pilkada dan masyarakat atas kontribusinya dalam keberhasilan pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2020 yang dilaksanakan serentak di 270 daerah di Indonesia.

Secara keseluruhan Pilkada serentak yang sudah berlangsung berjalan dengan lancar, aman, dan tertib dan terkendali walau dalam pandemi Covid-19.

“Keberhasilan tersebut menjadi satu bukti kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang ketat, maka roda pemerintahan tetap berjalan dan produktif sehingga Pilkada yang merupakan agenda utama pembangunan tetap dapat dilaksanakan sesuai rencana,” lanjutnya.

Mantan Ketua MUI ini mengatakan, penyelenggaraan otonomi daerah merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian pemerintah daerah guna mendekatkan layanan pada masyarakat, meningkatkan daya saing melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam rangka mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat

“Melalui kebijakan otonomi daerah pemerintah daerah memiliki keleluasaan menjalankan pemerintahan sendiri atas dasar prakarsa, kreativitas, dan peran serta masyarakat dalam mengembangkan dan memajukan daerahnya,” tuturnya.

Otonomi daerah yang berkualitas, lanjut Ma’ruf Amin, membutuhkan kepemimpinan yang adaptif. Pemimpin harus mampu menghadapi berbagai situasi, cepat dan tepat dalam bertindak dan berorientasi pada pemecahan masalah dan selalu menyesuaikan dirinya dengan perubahan dan keadaan baru.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengatakan, sejatinya peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXV ini jatuh pada tanggal 25 April. Namun karena bertepatan dengan hari Minggu maka pelaksanaanya dimajukan pada hari ini Senin 26 April 2021.

“Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1996 Tanggal 7 Februari yang menetapkan tanggal 25 April sebagai Hari Otonomi Daerah,” tutupnya.

Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...