Kembangkan Wisata Pantai Nirwana, Pemkot Baubau Libatkan Sejumlah Pihak

41
Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse.

Baubau, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau akan mengembangkan wisata Pantai Nirwana. Keseriusan itu akan melibatkan beberapa unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selain Dinas Pariwisata.

Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menuturkan, pengembangan kawasan wisata Pantai Nirwana ini melibatkan beberapa OPD lain. Mulai dari Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Dinas Pendapatan, Dinas Kesehatan, dan Satpol PP, termasuk pihak Kepolisian.

- Advertisement -

“Jadi punya peran masing-masing dalam pengembangan ini. Mulai dari penarikan retribusi, penataan kawasan parkir bahkan penempatan personel Satpol PP di lokasi pantai,” tuturnya usai rapat pengembangan kawasan wisata Pantai Nirwana, Senin 14 Juni 2021.

Selain itu, lanjut Monianse, Pemda juga akan menyiapkan tim Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dari Dinas Kesehatan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat berwisata di Pantai Nirwana.

“Bahkan Dinas Koperasi juga sudah menginisiasi pembentukan koperasi yang beranggotakan masyarakat lokal disitu. Karena koperasi bisa menjadi alat untuk bisa mengakses kegiatan yang sifatnya kolaboratif antara pemerintah dan masyarakat,” katanya.

Kata dia, kedepan Pemkot Baubau juga akan menempatkan anggota Satpol PP perempuan di Pantai Nirwana yang mahir berbahasa inggris dan punya wawasan terkait kepariwisataan.

“Jadi selain bertugas, anggota Satpol PP tersebut juga akan membantu wisatawan jika membutuhkan informasi dengan bahasa Inggris,” ujarnya.

Monianse menambahkan, tujuan akhir dari pengembangan wisata Pantai Nirwana ini untuk membuat pengunjung, baik wisatawan lokal atau wisatawan mancanegara merasa nyaman dan tentram.

“Jadi wisatawan itu ada kesan tersendiri ketika berwisata di Pantai Nirwana,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...