Pemkot dan DPRD Sepakat Dispora Tetap Berdiri Sendiri

40
Sekretaris DPRD Baubau Yaya Wirayahman.

Baubau, Inilahsultra.com – Rencana penggabungan Dinas Pendidikan dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) yang tertuang dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan OPD Lingkup Pemkot Baubau dipertahankan tetap berdiri sendiri.

“Setelah dilakukan pembahasan, Pemkot dan DPRD bersepakat (Dispora) untuk tetap dipertahankan berdiri sendiri,” tutur Sekretaris DPRD Baubau Yaya Wirayahman, Selasa 22 Juni 2021.

- Advertisement -

Selain rencana penggabungan Dinas Pendidikan dengan Dispora, lanjut Yaya, dalam Raperda Perubahan OPD tersebut juga ada rencana pembentukan OPD baru yakni Badan Pendapatan Daerah pecahan dari BPKAD dan Dinas Kebudayaan pecahan dari Dinas Pendidikan. Kemudian ada juga rencana penggabungan Dinas Pertanian dengan Dinas Ketahanan Pangan.

“Yang disepakati itu penggabungan Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan, kemudian pembentukan OPD baru yakni Badan Pendapatan Daerah. Kalau Dinas Kebudayaan, untuk sementara tetap bergabung dulu dengan Dinas Pendidikan,” lanjutnya.

Yaya menjelaskan, berdasarkan hasil pembahasan, Dispora dipertahankan tetap berdiri sendiri karena fungsinya memang cukup vital dan cukup strategis.

“Apalagi banyak program-program di Kota Baubau berupa pembangunan sarana dan prasarana olahraga itu sementara berproses, baik di kementerian maupun di tingkat provinsi termasuk persiapan Porprov Sultra,” jelasnya.

Sementara untuk Dinas Kebudayaan, sambung Yaya, memang penting berdiri sendiri untuk mendukung visi misi pemerintahan Tampil Manis yakni menjadikan Kota Baubau yang maju, sejahtera dan berbudaya.

“Namun SDM-nya harus dipersiapkan terlebih dahulu, karena untuk menyiapkan SDM di bidang kebudayaan ini kan tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan, harus cukup spesifik kompetensi yang dimiliki oleh ASN yang akan bertugas di Dinas Kebudayaan itu. Jadi untuk sementara tetap bergabung dulu dengan Dinas Pendidikan sambil menunggu waktu yang tepat,” ulasnya.

Saat ini, tambah Yaya, pihaknya tengah menunggu hasil fasilitasi dari pemerintah Provinsi Sultra terkait dengan Raperda Perubahan OPD tersebut.

“Kalau hasilnya sudah keluar, maka kita akan gelar rapat paripurna persetujuan bersama. In Syaa Allah pekan depan,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...