Sudah 30 Persen Nakes di Kota Kendari Vaksinasi Moderna Tahap III

45
Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahmininggrum.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Tenaga kesehatan (Nakes) Kota Kendari kini sudah mencapai 30 persen menerima vaksinasi Covid-19 dosis ke III. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan ( Dinkes) Kota Kendari, Rahmininggrum usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Frater Kendari pada Rabu 25 Agustus 2021.

-Advertisements-

“Per tanggal 24 agustus 2021 itu sudah 1.276 orang atau sebesar 30,74 persen,” katanya Kamis 25 Agustus 2021.

Selain itu, Rahmininggrum menyebutkan, stok vaksin Moderna tersisa 205 vial, yang artinya dari 205 dikali 15 menjadi sekitar 300 dosis.

Sedangkan untuk jenis vaksin Sinovac, lanjut rahmi, stok vaksin tersebut di Kota Kendari sudah sangat menipis dan masih tersisa 504 dosis vaksin, bahkan belum terhitung jumlah dosis yang digunakan di sekolah.

“Tapi menurut informasi, siang ini tiba, mudah-mudahan betul. Namun belum ada informasi Kota Kendari dapat berapa (Stok Vaksin Sinovac).”

Kemudian, ia mengungkapkan, bahwa vaksin jenis Moderna dapat digunakan untuk masyarakat umum, namun untuk saat ini jenis vaksin tersebut masih di prioritaskan untuk Nakes.

“Untuk sementara ini, kita belum menggunakan untuk masyarakat umum, kita masih fokus ke Nakes. Karena itu masih menjadi prioritas,” ujarnya.

Vaksin Moderna ini belum bisa diberikan kepada tenaga kesehatan jikalau masih ada Nakes yang belum divaksin di tahap I hingga tahap ke II.

“Moderna ini tidak bisa diberikan untuk Nakes yg belum vaksin I. Jadi harus sudah divaksin tahap I dan II baru bisa diberikan vaksin Moderna,” imbuhnya.

Alasan vaksin Moderna tersebut belum bisa diberikan ke masyarakat, dikarenakan adanya perlakuan sangat spesifik terhadap jenis vaksin tersebut.

“Kenapa difokuskan ke Nakes, disamping disimpan di bawah suhu 20 derajat, juga pada saat pemberiannya tidak boleh digoyang-goyang dan lain-lainnya,” tuturnya.

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...