Disnaker dan Perindustrian Kota Kendari Gelar Pelatihan Pengelolaan Kulit Kerang

39
Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Kota Kendari, Muhammad Ali Aksa.

Kendari, Inilahsultra.com – Dalam rangka pelaksanaan program perencanaan dan pembangunan Industri, Dinas tenaga kerja dan perindustrian kota Kendari menyelenggarakan pelatihan pengelolaan kulit kerang menjadi kerajinan, di salah satu hotel kota Kendari, Jumat 15 Oktober 2021.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari, Muhammad Ali Aksa mengatakan, langkah ini dibuat sebagai tindak lanjut dari lahirnya undang-undang No 3 tahun 2014 tentang perindustrian dan berbagai kegiatan pembinaan dalam pengembangan kewirausahaan.

- Advertisement -

“Salah satunya dalam bentuk pelatihan untuk meningkatkan sumber daya keterampilan pengrajinan yang pada kesempatan ini khususnya pelatihan pengelolaan kulit kerang menjadi kerajinan,” katanya.

Ia mengaku bahwa kegiatan tersebut merupakan program Pemerintah Kota Kendari dalam rangka meningkatkan skill masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Kan banyak masyarakat kita yang kehilangan lapangan pekerjaan, jadi Pemkot Kendari mengambil langka inisiatif untuk melakukan pelatihan ini,” tuturnya.

Selanjutnya, dirinya berharap pada kegiatan pelatihan ini, agar produksi kulit kerang menjadi kerajinan dalam meningkatkan kualitas maupun kualitas desain, sehingga pemasaran dapat bersaing baik dalam lokal Sultra maupun nasional.

Sementara itu, ketua Dekranasda Kota Kendari Hj, Sri Lestari mengungkapkan, bahwa yang menjadi dasar untuk mengadakan kegiatan ini dikarenakan sebagian masyarakat yang belum bis memanfaatkan kulit kerang untuk di jadikan sebagai kerajinan.

“Kan sebagian masyarakat yang tinggal d seputaran pesisir wilayah kota Kendari hanya memanfaatkan isinya saja, nah ini akan menjadi masalah terutama pada polusi udara akan menjadi bau dan kedua akan menjadi sampah. Nah ini menjadi dasar kami melakukan pelatihan ini supaya ada nilai ekonomisnya selain dagingnya yang mereka ambil,” terangnya.

Berikutnya, para peserta akan mengikuti pelatihan tentang manajemen keuangan dan pasar online yang dilaksanakan pada besok Sabtu 16 Oktober 2021.

Untuk itu, Ia juga berharap agar para peserta dapat menghasilkan perabot ataupun keperluan rumah tangga melalui pelatihan yang mereka ikuti.

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...