Beradat Sebagai Pemimpin, Beradat Dalam Membangun

98
Bupati Buton Selatan H La Ode Arusani (baju merah) saat menerima penghargaan dari API Award 2021, Selasa malam 30 November 2021.

Batauga, Inilahsultra.com – Pembangunan Bupati Buton selatan H La Ode Arusani di negeri Beradat tersebut kini memasuki usia empat tahun. Pada usia tersebut, berbagai capaian kinerja dan prestasi terus ditorehkan dari berbagai sektor pembangunan.

Dari sisi pariwisata, H La Ode Arusani mendukung penuh pengembangan pariwisata yang ada di Buton Selatan. Dukungan tersebut ditandai dengan terbentuknya kepengurusan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se Kabupaten Buton Selatan, menyusul terbentuknya desa-desa wisata yang dikuatkan dengan adanya surat keputusan (SK) desa wisata.

- Advertisement -

Disisi kebudayaan, Baruga dan perangkat adat (parabela) yang tersebar di Buton Selatan juga mendapat perhatian dari H La Ode Arusani. Berbagai bantuan untuk pembangunan dan perbaikan Baruga serta bantuan untuk parabela terus terealisasi. Seperti bantuan gong, hingga bantuan uang makan minum untuk kegiatan ritual adat para lembaga adat di Baruga.

Perhatian H La Ode Arusani sebagai bupati juga pada peningkatan kesejahteraan masyarakatnya yang berprofesi sebagai nelayan. Berbagai bantuan untuk para nelayan yang tersebar di Buton selatan yang masuk kelompok nelayan rutin mendapatkan bantuan.

Bantuan tersebut berupa bantuan kapal beserta kelengkapan tangkap lainnya yang terus terealisasi dari tahun ke tahun. Bahkan untuk memberikan kemudahan kepada nelayan agar dalam melaut tidak mendapat kendala, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan sudah menjalin komunikasi untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah yang ada di Maluku dan Maluku Utara.

Perangkat masjid (imam) serta badan kontak majelis taklim (BKMT) yang tersebar di wilayah Buton Selatan juga tak luput dari perhatian Bupati Buton Selatan H La Ode Arusani. Perhatian tersebut berupa bantuan motor kepada imam desa atau imam masjid dan bantuan gendang rebana kepada BKMT.

Bupati Buton Selatan saat memberikan bantuan kendaraan operasional untuk imam masjid.

Peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat Buton Selatan dari sektor lain juga terus digenjot. Mulai dari beda rumah tidak layak huni, bantuan kepada pelaku UKM dan IKM, bantuan untuk para petani hingga bantuan kebutuhan pendidikan untuk sekolah yang tersebar di Buton Selatan.

Selain realisasi pembangunan dan peningkatan taraf hidup masyarakat Buton Selatan, berbagai prestasi juga terus diraih daerah yang di komandoi oleh Bupati H La Ode Arusani tersebut.

Mulai dari penghargaan karena berhasil menekan penyebaran Covid-19 dengan kategori daerah dalam Pelaksanaan Respon Cepat Bencana Non Alam Wabah Covid-19 Terbaik. Penghargaan WTP serta penghargaan lainnya yang sudah diraih.

Teranyar, prestasi prestisius kembali ditorehkan Pemerintah Kabupaten Buton Selatan di tingkat nasional. Bagaimana tidak, Jembatan Lingkar Lapoili berhasil meraih posisi juara 3 dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021.

Dengan sejumlah pembangunan dan program yang terus terealisasi, Bupati Buton Selatan H La Ode Arusani berharap kesejahteraan masyarakat Buton Selatan terus meningkat.

“Bantuan yang terus tersalurkan digunakan sebaik-baiknya dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mari bahu membahu membangun daerah Buton Selatan yang tercinta ini,” kata Bupati Buton Selatan H La Ode Arusani.

Bupati Buton Selatan saat memberikan bantuan gong.

Akademisi Apresiasi Pencapaian Bupati Buton Selatan

Akademisi Universitas 19 November Kolaka, Prof La Ode Turi, memberikan apresiasi kepada Bupati Buton Selatan H La Ode Arusani atas pencapaiannya menghadirkan pembangunan di Kabupaten Buton Selatan.

Apresiasi tersebut dikemukakan saat Expo 4 Tahun Pembangunan Bupati Buton Selatan di Kecamatan Sampolawa, Kamis malam 18 November 2021 lalu.

“Terus terang saja saya merasa terharu dengan apa yang telah dicapai yang ditayangkan dari film expo selama 1,5 jam tadi,” kata Prof La Ode Turi akademisi yang pernah bertugas di Unhalu (sekarang UHO) ini.

Prof La Ode Turi mengaku tidak menyangka bila pembangunan Buton Selatan sudah seperti saat ini. Ia berkisah, dahulu saat musim timur, jalanan akan berdebu tapi saat ini sudah bagus.

“Ada beberapa hal tadi yang ditayangkan, pertama jalan, tembok pemecah ombak, ada pembangunan perumahan, fasilitas air bersih, listrik, gedung sekolah, puskesmas, air bersih, dan ada indeks pembangunan yang saya melihat naik cukup signifikan. Ini benar-benar luar biasa,” tandasnya. (ADV)

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...