Kapal Tenggelam di Laut Toronipa Berhasil Dievakuasi, Semua Orang Selamat

Tim Rescue KPP Kendari berhasil evakuasi kapal yang tenggelam di Perairan Laut Toronipa, Kabupaten Konawe.(ist).
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – KM Putra Samudera 01 yang karam akibat cuaca buruk disekitar Perairan Tanjung Toronipa, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil dievakuasi, Selasa 7 Desember 2021 sekitar pukul 17.20 WITa.

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari, Wahyudi menjelaskan, Tim Rescue berhasil menemukan Kapal KM Putra Samudera 01 pada pukul 17.20 WITa
dalam posisi miring dan air masuk dalam kapal sekitar 1,5 NM arah barat daya dari perkiraan Lokasi Kejadian Kecelakaan (LKK).

“Enam orang dalam kapal dievakuasi dengan menggunakan Speedboat milik masyarakat menuju Pantai Toronipa dan tiga orang dievakuasi dengan menggunakan RIB menuju Dermaga Utama Basarnas Kendari. Total keseluruhan 9 orang dan semuanya dalam keadaan selamat,” kata Wahyudi, Rabu 8 Desember 2021.

Lanjut Wahyudi, pada pukul 18.20 WITa, Tim Rescue KPP Kendari tiba di Dermaga utama Basarnas Kendari bersama 3 orang POB KM Putra Samudera dan diserahkan kepada pihak keluarga.

“Dengan ditemukan kapal tersebut beserta seluruh POB nya, Ops SAR terhadap KM Putra Samudera 01 yang nyaris karam akibat cuaca buruk disekitar Perairan Tanjung Toronipa, Kabupaten Konawe dinyatakan selesai dan ditutup pada pukul 19.00 WITa,” jelasnya.

Ia menambahkan, unsur yang terlibat dalam melakukan evakuasi yaitu, Rescuer KPP Kendari 8 orang, KSOP Kendari 10 orang, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kendari 4 orang, Polsek Soropia 5 orang dan Masyarakat Toronipa 20 orang.

“Dengan ditemukan KM Putra Samudera 01, maka seluruh unsur yang terlibat dikembalikan disatuannya masing-masing,” tutupnya.

Untuk diketahui, pada saat melakukan pelayaran dari Pelabuhan Kaleroang Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan tujuan Pelabuhan Kendari Sulawesi Tenggara, KM Putra Samudera 01 yang merupakan kapal penumpang dihantam ombak dan kemasukan air di Perairan Tanjung Toronipa.

Berikut data POB KM Putra Samudera 01

1. Kubais/Laki/47thn/Nakhoda
2. Sangkala/Laki/59thn/ABK
3. Jarwah/Laki/49thnABK
4. Fina/Perempuan/23thn/Penumpang
5. Naeda/Perempuan/55thn/Penumpang
6. Saifuddin/Laki/33thn/Penumpang
7. Arifin/Laki/47thn/Penumpang
8. Wa Saima/Perempuan/45thn/Penumpang
9. Anggi/Perempuan/21thn/Penumpang.

Reporter : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...