Limbo Wolio Kota Baubau Menuju 50 Besar ADWI 2022

164
Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kota Baubau, Ahmad Yani.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno kembali mengumumkan desa wisata yang lolos 100 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

-Advertisements-

“Sebelumnya saya telah mengumumkan 300 besar. Kini pada tahap selanjutnya, dengan bangga saya umumkan 100 besar ADWI 2022,” kata Sandiaga, Sabtu malam 23 April 2022.

Kata dia, ajang ADWI 2022 ini merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf untuk mewujudkan desa wisata yang berkelas dunia, berdaya saing global, dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit.

Alhasil, setelah lolos 300 besar, kini Limbo Wolio yang terletak di dalam benteng Wolio Kelurahan Melai Kota Baubau berhasil lolos 100 besar ADWI 2022. Limbo Wolio lolos 100 besar bersama dua desa wisata lainnya yang ada di Sultra, yakni Desa Wisata Sani-Sani Kabupaten Kolaka dan Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari Kabupaten Konawe Selatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Baubau Idrus Taufiq Saidi melalui Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Ahmad Yani menuturkan, Limbo Wolio merupakan desa wisata dari empat Limbo yang lolos sendirinya mulai dari 300 besar hingga 100 besar ADWI 2022.

“Saat ini kita sedang menunggu tahapan 50 besar yang merupakan tahapan akhir. Insha Allah tanggal 26 April (pengumumannya),” tuturnya kepada inilahsultra.com, Minggu 24 April 2022.

Kata dia, di 50 besar nanti, setiap desa akan dikunjungi Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno sekaligus langsung dilakukan penilaian oleh dewan juri sesuai dengan tujuh kategori penilaian untuk menuju yang terbaik pada masing-masing kategori.

“Tujuh kategori tersebut meliputi daya tarik wisata, home stay, konten digital kreatif, souvernir, toilet, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainabillity), dan kelembagaan,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...