Pemkab Buteng Gandeng UMKM Go Online Sultra Latih Pelaku Usaha

Tim UMKM Go Online saat bertemu dengan Kadis Kominfo Buteng La Ode Darmawan Hibali, Rabu malam 15 Juni 2022.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) akan melaksanakan pelatihan terhadap pelaku usaha dengan menggandeng fasilitator UMKM Go Online Sulawesi Tenggara (Sultra).

Koordinator fasilitator UMKM Go Online Person In Charge (PIC) Mutmainnah Pratiwi menuturkan, pelatihan ini merupakan program kegiatan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan tema adopsi teknologi digital 4.0 bagi UMKM pada 13 daerah di Indonesia termasuk Sultra.

“Para pelaku UMKM Buteng akan dilatih memanfaatkan teknologi melalui aplikasi online untuk skala usaha yang semakin luas. Mulai dari mengajarkan mereka bagaimana cara memfoto produk, mempromosikan produk serta mengajarkan pelaku UMKM bagaimana cara menjual produknya secara online,” tutur Mutmainnah, Rabu malam 15 Juni 2022.

Sementara itu Kadis Kominfo, Statistik, dan Persandian Buteng La Ode Darmawan Hibali mengatakan, pengembangan teknologi akan mendorong kemajuan di berbagai sektor termasuk sektor UMKM. Pemanfaatan teknologi juga menciptakan pasar elektronik yang sekarang lebih familiar disebut e-commerce.

Dalam hal ini, sambung dia, para pelaku usaha dituntut lebih kreatif dalam memasarkan produknya sehingga lebih dikenal oleh khalayak umum dan dengan mengadopsi teknologi digital 4.0 adalah salah satu caranya.

Selain itu, tambah dia, pelatihan ini sinergi dengan program yang dicanangkan Pj Bupati Buteng Muhammad Yusup yang ingin mensejahterakan dan memajukan UMKM di negeri seribu goa tersebut.

“Kami sangat mendukung program ini dan kami akan koordinasikan dengan dinas terkait yakni Dinas Koperasi dan UMKM karena ini menyangkut peningkatan kesejahteraan UMKM agar output dari kegiatan ini bisa tercapai dengan optimal,” tandas mantan Kadis Perhubungan Buteng ini.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...