Sekda Butur Serahkan Bantuan kepada 88 Kelompok Nelayan

Sekda Butur Muh. Hardhy Muslim saat menyerahkan bantuan kepada nelayan di Halaman Kantor DKP Butur, Kamis 26 Januari 2023.
Bacakan

Buranga, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menyalurkan bantuan sarana dan prasarana penangkap ikan untuk nelayan.

Penyerahan bantuan itu dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Butur Muh. Hardhy Muslim di halaman Kantor DKP, Kamis 26 Januari 2023.

-Advertisement-

Bantuan kepada nelayan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022. Bantuan ini diberikan untuk mendorong peningkatan produktifitas hasil tangkapan ikan nelayan.

Bantuan yang diberikan berupa, paket kapal fiberglass dibawah 5 gross ton (GT) sebanyak 50 unit dan mesin tempel kapasitas 15 HP sebanyak 38 unit yang dilengkapi dengan peralatan nelayan lainnya. Bantuan itu diberikan kepada 88 kelompok nelayan yang tersebar di Kabupaten Butur.

Sekda Butur Muh. Hardhy Muslim mengungkapkan, saat ini organisasi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) telah hadir di Butur. HNSI nantinya akan mempermudah kerja pemerintah daerah dalam membantu dan memfasilitasi serta memperjuangkan kebutuhan nelayan di Butur.

Organisasi HNSI ini, bernaung dibawah DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) yang diketua oleh Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko dan di tingkatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diketuai oleh Mayor Jenderal TNI (Purn.) Andi Sumangerukka, S.E., M.M.

“Selama ini kita hanya berharap pada bantuan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus, seperti sarana prasarana tangkap yang diterima para Nelayan hari ini. Kedepannya kita bisa bermohon langsung melalui HNSI,” ungkap Hardhy Muslim.

Kedepan, lanjut Ketua HNSI Butur ini, akan berjuang menghadirkan pelabuhan perikanan dan pelabuhan Tempat Penangkapan Ikan (TPI) untuk mendukung peningkatan produktifitas hasil tangkapan nelayan di Butur.

Mantan Camat Kulisusu Utara ini berharap, bantuan sarana dan persarana tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan yang sebelumnya belum dapat menunjang perekonomian karena belum memiliki peralatan tangkap ikan yang memadai.

“Bantuan yang ada dapat di jaga dan digunakan dengan baik, semoga kedepan masih banyak lagi bantuan kepada nelayan dengan kapasitas yang lebih besar lagi,” ujar Hardhy.

Editor: Din

Facebook Comments