Pemprov dan Pemkab Koltim Gelar Rapat Pemantapan Perayaan HUT Sultra

Bupati Koltim Abdul Azis bersama unsur Pemprov Sultra saat meninjau lokasi persiapan pelaksanaan HUT Sultra, Kamis 30 Maret 2023.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Tuan rumah penyelenggaraan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-59, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), terus berbenah. Demi memaksimalkan persiapan, Bupati Kolaka Timur Abdul Azis menggelar rapat Bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra di Kantor Bupati Koltim, Kamis 30 Maret 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Belli Tombili dan Kepala Biro Pemerintahan Muliadi hadir mewakili Pemprov Sultra dalam rapat tersebut. Selain mereka, seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim, mulai dari Sekretaris Daerah (Sekda), pimpinan OPD, dan para camat juga mengikuti rapat tersebut. Termasuk unsur Forkopimda Koltim seperti Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri, dan Kapolres Koltim juga turut hadir.

Dalam rapat tersebut, Bupati Koltim Abdul Azis menyampaikan kesiapan Kabupaten Koltim menjadi tuan rumah. Dia meminta seluruh jajarannya untuk memaksimalkan persiapan demi menyambut para tamu dari 17 kabupaten/kota se-Sultra serta undangan lainnya.

“Saat ini persiapan venue penyelenggaraan sudah mencapai 80 persen. Tim terus bekerja untuk mempersiapkan lokasi pelaksanaan HUT di Kecamatan Tirawuta, yang luasnya sekitar delapan hektar,” jelas Azis.

Lahan tersebut, tepat berada di belakang Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Koltim. Usai rapat, Bupati Koltim Abdul Azis bersama seluruh peserta rapat meninjau lokasi pelaksanaan HUT.

Terkait dengan penginapan para tamu yang diperkirakan mencapai ribuan orang, Bupati Koltim telah memerintahkan seluruh jajarannya untuk mempersiapkan rumah-rumah penduduk sebagai tempat akomodasi. Pasalnya, jumlah hotel di Koltim tidak mencukupi untuk menampung seluruh tamu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sultra Belli Tombili mengungkapkan, rapat dengan jajaran Pemkab Koltim kali ini merupakan tindak lanjut dari rapat yang digelar Pemprov Sultra yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Asrun Lio, Senin 27 Maret 2023 lalu.

Belli menyatakan, penyelenggaraan HUT Sultra ke-59 terbilang istimewa karena merupakan HUT terakhir di era pemerintahan AMAN (Ali Mazi-Lukman Abunawas) dan dilaksanakan masih dalam suasana lebaran Idulfitri.

Oleh karena itu, kata Belli, rangkaian pelaksanaan HUT kali ini berlangsung cukup panjang yang diawali dengan upacara dan Sidang Paripurna DPRD dalam rangka HUT yang dilaksanakan di Kantor Gubernur Sultra pada tanggal 27 April 2023.

“Pada pelaksanaan upacara itu juga akan diundang para camat, kepala desa, dan lurah se-Sultra, yang akan dilanjutkan dengan dialog bersama gubernur,” jelasnya.

Kemudian, pada tanggal 1 Mei 2023, akan digelar panggung hiburan rakyat yang dilaksanakan di Kota Kendari, yang rencananya menghadirkan artis legendaris Iwan Fals. Momentum ini sekaligus menjadi ajang kick off peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia/Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI).

Provinsi Sultra menjadi satu dari sembilan provinsi di Indonesia yang menjadi lokasi penyelenggaraan peluncuran Gernas BBI/BBWI, yang merupakan agenda prioritas pemerintah pusat dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

Rangkaian terakhir penyelenggaraan HUT adalah pameran pembangunan yang melibatkan seluruh OPD Pemprov Sultra, kabupaten/kota, instansi vertikal, BUMN, pihak swasta, dan UMKM. Kegiatan pameran ini direncanakan berlangsung pada tanggal 3-7 Mei 2023.

Pada rapat yang dipimpin Sekda Sultra Asrun Lio, Senin lalu, mencuat dua alternatif waktu penyelenggaraan pameran, yakni tanggal 3-6 Mei atau tanggal 7-10 Mei. Namun, dalam rapat yang digelar di Kantor Bupati Koltim, Bupati Abdul Azis meminta pelaksanaan pameran digelar pada tanggal 3-7 Mei 2023.

“Hasil rapat ini selanjutnya akan kami laporkan ke Bapak Sekda Provinsi dan Bapak Gubernur untuk mengkonfirmasi seluruh rangkaian dan jadwal pelaksanaan HUT Sultra,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Sultra Muliadi mengungkapkan, pihaknya sedang menuntaskan draft kepanitiaan yang melibatkan Pemprov Sultra maupun Pemkab Koltim.

Dia berharap, pihak-pihak di jajaran Pemkab Koltim yang akan masuk dalam kepanitiaan untuk segera disampaikan dalam rangka finalisasi kepanitaan tersebut.

“Kepanitiaan ini kita maksudkan untuk sistematisnya rangkaian penyelenggaraan HUT. Kita berharap semua pihak terkait dapat ambil bagian untuk menyukseskan HUT Sultra kali ini,” harapnya. (IS)

Facebook Comments