Kick Off Meeting RPJPD, Wujudkan Baubau Emas 2045

Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menggelar Kick Off Meeting Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 di Aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau, Rabu 13 September 2023.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com– Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menggelar Kick Off Meeting Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 di Aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau, Rabu 13 September 2023.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Sekretaris Universitas Hasanuddin, Prof Sumbangan Baja yang membawakan materi perumusan visi/misi dan strategi pembangunan jangka panjang dari sudut pandang teknokratik.

Kemudian Amirul Tamim yang merupakan pemegang estafet pertama dari rangkaian 20 tahun pembangunan Kota Baubau RPJPD 2005-2025.

Pada kegiatan tersebut juga sekaligus diluncurkan kuisioner terbuka untuk seluruh masyarakat untuk bisa memberikan masukan, baik berupa tagline Baubau 2045, usulan narasi visi Baubau 2045.

Ketua Panitia Kick Off Meeting, Lia Amalia Mukhlisi menuturkan, kegiatan ini sebagai pertemuan pendahuluan bagi para pemangku kepentingan untuk memulai rangkaian panjang proses penyusunan RPJPD Kota Baubau tahun 2025-2045.

“Dalam pertemuan ini diharapkan terjadi penyamaan persepsi dan menyerap aspirasi dari seluruh stakeholder, adanya tanggapan dan masukan dari seluruh masyarakat untuk pembangunan Kota Baubau,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengingatkan, penyusunan RPJPD harus memperhatikan amanat RPJP Nasional melalui Visi Indonesia emas 2045. Dimana, terdapat tiga hal pokok yang menjadi acuan pembangunan Indonesia, yakni stabilitas bangsa yang terjaga, keberlanjutan dan kesinambungan, serta sumber daya manusia yang berkualitas.

“Tahun 2045, Kota Baubau akan dihuni kurang lebih 200 hingga 238 juta jiwa dengan usia produktif lebih dari 60 persen. Ini merupakan tantangan bagi usia produktif untuk menjadi aktor utama keberlanjutan pembangunan di Kota Baubau, tentu dengan persiapan yang mapan dan dapat menjawab segala tantangan kedepan agar Baubau emas 2045 dapat diwujudkan,” ucapnya.

Olehnya itu, dalam proses penyusunan RPJPD Kota Baubau, lanjut Monianse, harus ada partisipasi aktif dari seluruh stakeholder. Maupun konsep-konsep yang akan memberi masukan substansial bagi arah pembangunan Kota Baubau tahun 2025-2045 melalui link https://bit.ly/penyusunanvisibaubau2045.

“Link ini diharapkan dapat diakses seluas mungkin oleh masyarakat sehingga visi Baubau 2045 memang berasal dari kita dan untuk kita bersama,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini menyakini, melalui pendekatan pembangunan secara holistik, tematik dan integratif seluruh pemangku kepentingan akan terjaga kepentingannya sehingga akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat di Kota Baubau.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments