Pj Gubernur Sultra Pimpin Upacara Hari Pahlawan Ke-78 di TMP Watubangga

 Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Pahlawan ke-78 tahun 2023 di tingkat Provinsi Sultra di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubangga Kendari, Jumat 10 November 2023.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com– Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Pahlawan ke-78 tahun 2023 di tingkat Provinsi Sultra di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubangga Kendari, Jumat 10 November 2023.

Turut hadir, mantan Gubernur Sultra Ali Mazi, mantan Wagub Yusran Silondae, Ketua DPRD Sultra, Komandan Korem 143 Haluoleo, Kakanwil Kemenkumham Sultra, Kejaksaan Tinggi Sultra, Pejabat Utama TNI dan Polri, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sultra, Veteran, serta pejabat terkait.

-Advertisement-

Upacara peringatan Hari Pahlawan tersebut berlangsung khidmat, yang ditandai dengan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, dan penghormatan arwah pahlawan.

Kemudian ada penyerahan cenderamata kepada keluarga mantan pejuang kemerdekaan oleh Pj Gubernur Sultra. Mulai dari Oputa Yii Koo diserahkan kepada Ali Mazi, Supu Yusuf diserahkan kepada Nani Ginting, Yakub Silondae diserahkan kepada Yusran Silondae, Edi Sabara di serahkan kepada Ronald Sabara, dan Muhammad Idrus Efendi diserahkan kepada Azwar Efendi.

Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto menuturkan, banyak hal yang bisa dimaknai pada peringatan Hari Pahlawan di TMP Watubangga ini dari para pahlawan yang telah berjuang di Republik Indonesia khususnya di Sultra.

“Dalam konteks kekinian, tidak boleh lepas dari semua ajaran dan pemaknaan dari beliau-beliau (pahlawan) yang bekerja tanpa pamrih, rela berkorban, jiwa raga, termasuk kita bersilaturahmi kepada keluarga beliau-beliau ini yang telah diberikan penghargaan cendramata, bisa berkomunikasi kepada Gubernur Sultra pada zamannya,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto mendapat banyak apresiasi dari para keluarga mantan pejuang kemerdekaan. Salah satunya datang dari mantan Gubernur Sultra Ali Mazi yang juga cucu dari Oputa Yi Koo.

“Saya selaku ahli waris Oputa Yi Koo mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Sultra, merupakan suatu penghargaan yang luar biasa,” kata Ali Mazi.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments